Gara-gara Bola Lampu, Harta Lopeng Ludes Terbakar

Jumat, Februari 8th 2019. | Headline, Hukum & Kriminal, Tarakan

TARAKAN, MK – Entah mimpi apa Diana alias Lopeng semalam, dirinya tak menyangka jika hari Jumat (8/2/2019) sekira pukul 11.30 rumah miliknya yang dihuni bersama dua cucunya bernama Darmansyah (17) dan Darwansyah (4) terletak di jalan Aki balak RT 2 Kelurahan Juata Kerikil harus menjadi arang setelah ludes dilahap si jago merah.

Menurut Informasi yang didapatkan Metro Kaltara dari Lopeng, dirinya menjelaskan Kronologis kebakaran, pada saat itu dirinya baru saja pulang dari pasar, ketika sudah sampai di rumahnya, Lopeng mendengar adanya ledakan yang berasal dari dalam rumahnya.

“Saya dengar besar sekali, begitu saya masuk ke dalam rumah, saya bangunkan cucu saya si Darmansyah, mau tanya apa yang meledak,” Ungkapnya.

Setelah membangunkan sang cucu,. Darmansyah yang tengah tertidur di ruang tamu pun langsung bangun seketika, dirinya langsung mendengarkan ledakan bola lampu lagi, yang menurutnya itu berasal dari kamar.

“Saya lihat di kamar, sudah membesar apinya sampai di atas plafon, jadi kami langsung keluar dari rumah buat minta tolong sama tetangga,” Terang Darmansyah.

Setelah warga yang mendegar teriakan Darmansyah dan sang nenek, bebrapa warga yang sudah berdatangan langsung mencoba untuk memadamkan api, tetapi amukan api semakin besar, sehingga sempat menyambar rumah warga yang berada disekitaran rumah nenek Lopeng.

Setelah sempat mencoba membantu warga untuk memdamkan api agar tidak menjalar ke rumah lainnya, kini Lopeng beserta dua cucunya tak sempat menyelematkan barang-barang miliknya.

“Tidak ada barang-barang yang bisa diselamatkan, karena waktu kejadian kami semua langsung keluar rumah untuk meyelamatkan diri. Jadi yang sisa Cuma baju di badan saja,” ucapnya.

Selang setelah kejadian, petugas pemadam pun sudah mulai berdatangan dan langsung memadamkan api yang mulai menyambar, serta ikut dibantu beberapa warga yang berada di lokasi kejadian.

Menurut Kasi Pemadam Kebakaran Dinas Satpol PP dan PMK Tarakan, Sem Rurah menuturkan, terkait peristiwa kebakaran tersebut pihaknya mendapatkan laporan dari warga sekitar pukul 11.45 wita. Setelah mendapatkan laporan, anggota PMK terdekat yakni di Pos PMK Utara diterjunkan untuk melakukan proses pemadaman.

“Selain dari Pos PMK Utara yang diterjunkan, pos PMK Barat dan PMK Kampung Satu/Skip juga diturunkan kelapangan untuk ikut membantu melakukan pemadaman,” jelas Sem.

Sementara itu, dirinya juga mengatakan pihaknya menerjunkan sedikitnya 30 personel PMK ditambah 2 unit mobil penyemprot dan enam unit mobil tangki suplai air ke lokasi kebakaran. Terkait kendala, dalam proses pemadaman tidak ada ditemukan, hanya saja lokasi kebakaran yang jauh sehingga membutuhkan waktu agar bisa tiba dilokasi.

“Lokasi kebakaran ini ada ditengah-tengah, biarpun dari Pos PMK Utara yang terdekat tidak mungkin juga bisa ditempuh dalam waktu 15 menit. Tapi, kalau proses pemadamnnya sekitar 30 menit sudah bisa dijinkan, apalagi warga sekitar juga ikut membantu,” tegasnya.

Sementara itu mengenai korban jiwa dan penyebab kebakaran Kapolsek Tarakan Utara, Iptu Sudaryanto menerangkan, dalam inisiden kebakaran ini tidak ada korban jiwa, sementara untuk penyebab kebakaran terlebih dulu harus dilakukan penyelidikan. Namun, saat ini pihak kepolisian masih menunggu laporan dari pihak korban, agar dapat dilakukan pemeriksaan terhadap saksi-saksi yang ada.

“Walau dari pengakuan saksi adanya konsleting listrik tetap harus dilakukan pemeriksaan lebih dulu, kalau kerugian diperikiran ratusan juta karena dari pengakuan korban ada barang berharag berupa puluhan gram perhiasan emas dan ratusan juta uang tunai yang ikut terbakar,” tutupnya.(arz27)

tags: ,

Related For Gara-gara Bola Lampu, Harta Lopeng Ludes Terbakar