wisata-kaltara

Garuda Siap Bawa 1000 Massa Demo ke DPRD

Wednesday, April 6th 2016. | Headline, Kaltara, Tarakan
Korlab Garuda Akbar Syarif saat membacakan tuntutan yang akan disampaikan ke DPRD kepada para awak media.

Korlab Garuda Akbar Syarif saat membacakan tuntutan yang akan disampaikan ke DPRD kepada para awak media.

Tarakan, MK – Aliansi Gerakan Pemuda Daerah (Garuda) tampaknya tak main-main ingin melakukan demo di Kantor DPRD Kota Tarakan, Kamis besok (07/04), terkait pemadaman bergilir yang dilakukan PT. PLN Tarakan hingga sekarang. Bahkan, Koordinator Lapangan (Korlap) Garuda Akbar Syarif mengaku akan membawa kurang lebih 1000 massa.

Garuda menganggap Penyesuaian Tarif Listrik Berkala (PTLB) sebesar 59% berdasarkan Perwali No 17 Tahun 2014 terbukti gagal dan merugikan masyarakat. Kemudian, Pemkot dan DPRD Tarakan tidak pernah memberikan sanksi kepada PT. PLN Tarakan yang tidak pernah melaksanakan komitmen terhadap kebijakan PTLB tersebut.

Selain itu, Pemkot dan DPRD juga dianggap melakukan pembiaran terhadap Izin Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (IUPTL) PT. PLN Tarakan yang telah berakhir sejak Januari 2015.

Garuda menganggap pemerintah dan dewan gagal menjalankan roda pemerintahan khususnya yang berkaitan dengan penyediaan energi listrik di Bumi Paguntaka.

“Jadi tuntutan kami ada tiga. Pertama kami meminta Pemkot dan DPRD mencabut Perwali No 17 Tahun 2014 Tentang Pemberlakukan PTLB. Kedua PT. PLN Tarakan wajib memberikan kompensasi kepada pelanggan akibat pemadaman bergilir. Terakhir kami berharap pemerintah dan dewan segera kembalikan pengelolaan PT. PLN Tarakan ke pemerintah pusat (PLN Persero, Red),” ujar Akbar kepada Metro Kaltara, Rabu (06/04).

Akbar menegaskan jika tuntutan Garuda diindahkan oleh Pemkot dan DPRD maka pihaknya tak akan menggelar demo. “Intinya demo aksi damai ini merupakan akumulasi kekecewaan masyarakat Kota Tarakan terhadap persoalan listrik yang tak kunjung usai,” bebernya.

Oleh karena itu, tak ada satupun instansi penegak hukum yang boleh menghalang-halangi Garuda dalam menyampaikan aspirasi ini. Justru sebaliknya, Garuda meminta petugas kepolisian dapat mengawal aksi damai hingga berjalan selesai sesuai harapan.

“Memang kami setiap korlap ada diminta membuat surat pernyataan dan baru kali ini saya pimpin demo disuruh petugas buat pernyataan. Saya menjamin anggota yang tergabung dalam aliansi Garuda tak akan anarkis,” tegasnya.

Namun, Garuda pun tak bisa memegang secara keseluruhan jika ada massa nantinya yang ikut andil di luar aliansi. “Sehingga kami berharap petugas bersama-sama membantu mengawal proses demo besok,” tutur Akbar. (MK*1)

tags:

Related For Garuda Siap Bawa 1000 Massa Demo ke DPRD