Gambar-Gif

Gelar Razia Kendaraan Roda 2 dan 4, 39 pelanggaran Terjaring

Thursday, August 6th 2015. | Headline, Hukum & Kriminal, Tarakan
- wisata-kaltara -
Jpeg

AKP. Cindy Helyadi saat menilang pengendara yang melintas

Tarakan, MK – Untuk meminimalisir kecelakan lalulintas (lakalantas) di Tarakan, Satuan Lalulintas (satlantas) Polisi Resort (Polres) Tarakan bersama Dinas Perhubungan (dishub), Kejaksaan, Pengadilan dan Polisi Militer (POM) TNI – AD kembali melakukan razia kendaraan bermotor roda dua dan roda 3mpat, Kamis (06/08) di Jl. Yos Sudarso tidak jauh dari markas besar (mabes) polres Tarakan. Setiap pelanggar yang terjaring dalam razia tersebut, petugas gabungan langsung mengenakan sidang di tempat.

Kasat Lantas Polres Tarakan AKP Cindy Helyadi mengungkapan, razia yang dilakukan kali ini terdapat sebanyak 39 kendaraan bermotor yang di tilang yang dari berbagai pelanggaran dan semuanya akan dilakukan sidang di tempat dengan denda maksimal hinggah satu juta rupiah.

“yang berhasil ditilang sebanyak 39 pelangaran yang baik roda 2 dan roda 4, sedangkan barang bukti yang brhasil disita berupa  STNK sebanyak 28, rangka motor 3 unit dan SIM 8 buah,” ungkap AKP Cindy

Ditambahkannya, dalam razia kali ini, kendaraan yang ditilang lebih mendominan yaitu kendaraan bermotor roda 4 dibandingkan kendaraan roda 2 dengan berbagai pelanggaran.

“untuk pelanngaran saat ini lebih banyak dilakukan kendaraan roda empat, kalau pelanggarannya sendiri beragam, ada yang menggunakan plat luar daerah, tidak menggunakan sabuk pengaman dan tidak membawa surat kendaraan bermotor dan KIR kendaraan yang sudah kadaluarsa,” ujar AKP Cindy saat dikonfirmasi usai melakukan razia.

Selain masyarakat biasa yang ditilang, juga terdapat pelanggaran yang dilakukan oleh oknum TNI saat mengendarai kendaraan bermotor miliknya, pelanggaran tersebut berupa adanya oknum TNI yang mengendarai kendaraannya tanpa dilengkapi plat nomor polisi.

“untuk oknum TNI yang melanngar akan dikembalikan kepada kesatuannya, nanti biar instansinya dan POM yang memberikan tindakan, karena dari kesatuan militer sendiri juga memiliki sidang militer tesendiri,” tegas AKP Cindy.

Dirinya juga menegaskan, untuk kedepannya akan dilakukan kembali razia seprti ini, hal ini guna memberikan efek jera kepada masyarakat Tarakan agar selalu menaati peraturan lalulintas, sedangkan untuk kendaraan yang masih menggunakan plat nomor polisi luar daerah tarakan menghimbau agar secepatnya mengurus atau mengganti plat nomor polisi wilayah Tarakan, jika hal tersebut tidak diindahkan tidak menutup kemungkinan petugas Satlantas akan memberikan tindakan tegas. (man15)

tags: ,

Related For Gelar Razia Kendaraan Roda 2 dan 4, 39 pelanggaran Terjaring