Genap Berusia 2 Tahun, Ini Catatan Kapolda Kaltara Brigjen Pol Indrajit

Jumat, Januari 10th 2020. | Headline, Tanjung Selor

Kapolda Kaltara Brigjen Pol Indrajit

TANJUNG SELOR, MK – Kamis, 9 Januari 2020 Polda Kaltara genap berusia dua 2 tahun, Markas Kepolisian yang terletak di Jalan HM Dr Jasin KM 9, Desa Bumi Rahayu,  Kelurahan Tanjung Selor Kabupaten Bulungan sudah banyak menorehkan prestasi. Mulai dari menurunnya angka kecelakaan, begitu juga dengan angka kriminalitas yang juga menurun di 2019 hingga pengungkapan narkoba jenis sabu sebanyak 105 kg.

Dalam perjalanannya, terbentuknya Polda Kaltara tidak terlepas dari pembentukan Provinsi Kalimantan Utara sebagai provinsi yang ke 34 di Indonesia. Awalnya, lokasi pembangunan Polda Kaltara ditempatkan di Gunung Seriang, dimana saat itu Gubernur Kaltara Dr Irianto Lambrie mengusulkan lahan 20 hektar di KM 2 Gunung Seriang kepada Kapolri Jendral Tito Karnavian yang saat ini menjabat sebagai Mentri Dalam Negeri (Mendagri)  untuk pembangunan Polda Kaltara, begitu juga dengan Menpan RB.

Sembari menunggu Polda Kaltara tersebentuk, Gedung DPRD Kabupaten Bulungan yang saat menjadi Mako Polda Kaltara akan menjadi kantor sementara bagi Pejabat Polda Kaltara serta seluruh personelnya. Sehinga kala itu, Kapolri bersama Menpan RB melakukan kunjungan ke Kaltara untuk melihat lokasi lahan untuk pembangunan Polda Kaltara serta meninjau Gedung DPRD Bulungan yang akan dijadikan Kantor sementara.

“Pak Kapolri datang melihat akhirnya setujulah, dikeluarkanlah peraturan bahwa pada tanggal 9 Januari 2018 terbentuklah Polda Kaltara,” ujar Kapolda Kaltara Brigjen Pol Indrajit kepada Metro Kaltara, Jumat (10/1).

Setelah terbentuk, pada tanggal 14 Maret 2018 Kapolri mengeluarkan Surat Telegram yang menunjuk dirinya sebagai Kapolda Kaltara dan Kombes Zainal Arifin Paliwang sebagai Wakapolda Kaltara “Saya dan Wakapolda di lantik pada 14 Maret 2018,” kata Kapolda.

Pasca ditunjuk sebagai Kapolda, Mantan Wakapolda Jawa Tengah ini  melakukan peninjauan lahan tempat Polda Kaltara nantinya akan dibangun, kemudian meninjau Gedung DPRD Kaltara yang saat itu pengerjaannya belum rampung sehingga Kapolda harus berkantor sementara di Polres Bulungan.

Lantaran gedung DPRD Bulungan belum 100 persen rampung, sementara lahan 20 hektar yang disiapkan Pemprov Kaltara belum bisa dilakukan pembangunan lantaran belum ada akses jalan masuk. Kapolda kemudian meminta kepada Pemkab Bulungan dan DPRD Bulungan agar bersedia menghibahkan gedung DPRD ke Polda Kaltara yang akhirnya disepakati.

“Akhirnya sepakat, mereka menghibahkanlah gedung DPRD  ini daripada tidak digunakan kan sayang,” imbuhnya.

Gedung yang tadinya belum rampung kemudian dilakukan renovasi berkat bantuan anggaran dari Pemprov Kaltara dan Perusahaan yang ada di Kaltara melalui dana Corporate Social Responsibility (CSR). Kapolda dan Wakapolda bersama PJU yang sebelumnya berkantor di Polres Bulungan kemudian berpindah kantor ke Polda Kaltara awal Desember 2018. Hingga akhirnya diresmikan pada 18 Juli 2019 oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

“Jadi dua tahun ini saya terima kasih kepada seluruh anggota saya tersamuk anggota TNI, wartawan tokoh adat, tokoh masyarakat, pemprov semua yang telah mendukung Polda Kaltara,” tutupnya. (as)

tags: , ,

Related For Genap Berusia 2 Tahun, Ini Catatan Kapolda Kaltara Brigjen Pol Indrajit