Gambar-Gif

Gubernur Ajak Semua Pihak Komitmen Berantas Narkoba

Friday, May 18th 2018. | Advertorial, Hukum & Kriminal, Kaltara
- wisata-kaltara -

KOMITMEN : Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie bersama Kapolda Kaltara Brigjen Pol. Indrajit memusnahkan narkoba berupa sabu hasil tangkapan jajaran Polda Kaltara, Rabu (16/5).

TANJUNG SELOR,MK – Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Dr H Irianto Lambrie mengatakan, peredaran narkotika dan obat-obatan terlarang (Narkoba) di provinsi ini sudah pada tahap mengkhawatirkan. Untuk itu, diperlukan komitmen bersama semua pihak untuk mencegah dan memberantasnya.

Demikian disampaikan Gubernur saat menghadiri sekaligus menyaksikan pemusnahan barang bukti narkoba dan minuman keras (Miras) hasil tangkapan jajaran Kepolisian Daerah (Polda) Kaltara di Halaman Mapolda, Rabu (16/5). “Ada banyak barang bukti narkoba, berupa sabu-sabu yang tadi dimusnahkan. Menurut Kapolda (Brigjen Pol. Indrajit) tadi ada sekitar 9 kilogram lebih. Hal ini patut menjadi perhatian kita semua. Bahwa Kaltara sebagai wilayah perbatasan, memiliki kerawanan yang tinggi dalam peredaran narkoba,” ungkap Irianto.

Pemerintah daerah, kata Gubernur, bersama masyarakat sangat mendukung upaya pemberantasan, pencegahan peredaran, penggunaan narkoba dan Miras di wilayah ini. Irianto mengatakan, narkoba adalah masalah global. Tak hanya di Indonesia, di seluruh negara di dunia berupaya untuk memeranginya. “Di Indonesia, narkoba tergolong cukup sulit diberantas. Kenapa sulit? Pertama, karena ada yang beli, ada yang menggunakan. Bahkan terus meningkat. Kalau ada yang beli, pasti ada yang menjual,” ungkap Gubernur.

Alasan kedua, lanjutnya, bisnis narkoba memberikan keuntungan yang besar. Ada margin harga yang tinggi. Maka itu, banyak oknum masyarakat yang tergiur untuk bisnis narkoba. “Ketiga, kemampuan untuk menanganinya sangat terbatas. Apalagi dengan kondisi geografis Indonesia yang merupakan daerah kepulauan,” jelasnya.

Dikatakan, pemberantasan narkoba perlu komitmen yang kuat dari semua pihak. Tidak hanya oleh aparat keamanan, tapi juga oleh semua elemen masyarakat. “Kita cegah dari keluarga kita sendiri, kita awasi anak-anak kita, kita lindungi keluarga kita jangan sampai terlibat menjadi pengguna atau bahkan pengedar narkoba,” ujar Irianto.

Dalam kesempatan itu, Gubernur juga mengapresiasi upaya jajaran kepolisian dalam melakukan pencegahan dan peberantasan narkoba. Utamanya di Kaltara.

Irianto mengatakan, Kaltara yang berbatasan langsung dengan Sabah, Malaysia memiliki kerawanan yang tinggi. Ada belasan ribu jalur tikus yang menjadi pintu masuknya barang illegal, termasuk narkoba kebanyakan dari Malaysia. “Saya berencana mengajak Kapolda untuk ke Sabah, bertemu dengan pihak kepolisian Diraja Malaysia. Supaya nanti komitmen kerja sama, di antara aparat kepolisian di perbatasan. Utamanya dalam mencegah peredaran narkoba,” tutupnya.(humas)

tags:

Related For Gubernur Ajak Semua Pihak Komitmen Berantas Narkoba