Gubernur Paparkan Potensi Kaltara di Amerika Serikat

Sabtu, September 23rd 2017. | Headline, Kaltara

Beri Kuliah Umum dan Lakukan MoU di Kampus NIU-USA

Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Dr H Irianto Lambrie berkesempatan membeberkan sejarah hingga potensi Kaltara di dalam kuliah umum atau Public Lecturer di Northern Illinois University (NIU), Illinois, USA pada Jum’at (22/9/2017) waktu setempat.

ILLINOIS, MK – Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Dr H Irianto Lambrie berkesempatan membeberkan sejarah hingga potensi Kaltara di Amerika Serikat. Hal ini disampaikan saat gubernur didaulat untuk memberikan kuliah umum atau Public Lecturer di hadapan ratusan mahasiswa, dosen dan pimpinan Northern Illinois University (NIU)-USA di Gedung Alumni NIU, NIU Campus, Dekalb, Illinois pada Jum’at (22/9/2017) waktu setempat.
Berdasar catatan, NIU sendiri diketahui merupakan salah satu Universitas tertua dan terbaik di Amerika Serikat, yang didirikan sejak tahun 1895.
Bidang studi unggulannya Public Administration, yang merupakan 10 terbaik di Amerika Serikat. Beberapa alumninya adalah orang-orang yang cukup dikenal di Indonesia. Di antaranya, Prof. Dr. Ichlasul Amal (mantan Rektor UGM), Prof. Dr. Ramlan Surbakti (mantan Pimpinan KPU dan guru besar Unair), Prof. Dr. Ryaas Rasyid (mantan Menteri Otda dan Rektor IIP), dan Anies Baswedan, PhD (mantan Mendikbud dan juga Gubernur terpilih DKI Jakarta).
“Bukan saja kebanggaan bagi saya pribadi, bisa memberikan kuliah umum di universitas ternama di Amerika Serikat. Tapi ini juga menjadi hal yang positif bagi seluruh masyarakat Kaltara,” ungkap Irianto. Dalam kesempatan itu, lanjutnya, gubernur bisa memperkenalkan Indonesia, khususnya Kalimantan Utara, sebagai provinsi baru yang memiliki banyak potensi.
“Ternyata sebagian besar mahasiswa dan masyarakat Amerika Serikat tidak banyak mengetahui informasi tentang sejarah dan perkembangan di Indonesia, apalagi tentang Kaltara.
Sehingga para peserta kuliah umum dan para dosen NIU merasa senang dan memberikan apresiasi atas materi dan cara penyampaian kuliah umum yang saya sampaikan. Mereka menjadi lebih tertarik untuk mempelajari Indonesia dan Kaltara, sekaligus menyatakan minatnya untuk berkunjung ke Indonesia dan Kaltara,” ujarnya.
Gubernur mengatakan, selain memberikan kuliah umum, dirinya atas nama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara juga melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) atau Perjanjian Kerjasama dengan pihak NIU yang diwakili oleh Mr. Christopher K. McCord-Executive, selaku Vice President and Provost NIU.
Dalam MOU ini, jelasnya, disepakati kerjasama pengembangan SDM (Sumber Daya Manusia) Provinsi Kaltara dan Universitas Borneo Tarakan (UBT), antara lain pengiriman calon mahasiswa dan pegawai Pemerintah Daerah di Kaltara serta dosen UBT utk mengikuti program degree dan non degree di NIU.
Kemudian juga kerja sama berupa bantuan penelitian dan pengembangan, studi-studi pembangunan dan lingkungan, perencanaan regional, bantuan penyusunan kurikulum di UBT, dan beberapa lainnya. “Sebagai tindak lanjut dari MoU ini, direncanakan pada bulan Mei 2018 mendatang, Tim dari NIU akan berkunjung ke Kaltara,” kata Irianto.
Ditambahkan, di sela-sela memberikan kuliah umum, gubernur dikejutkan dengan kehadiran salah satu mahasiswa asal Berau, Kaltim yang berada di antara ratusan mahasiswa peserta kuliah umum tersebut.
“Ternyata ada salah satu mahasiswa Indonesia (dari empat orang yang terpilih) yang berasal dari Pulau Derawan Kabupaten Berau, Kaltim namanya Vita. Adik ini memperoleh beasiswa dari Kemenlu Amerika Serikat untuk mengikuti Program Asean Young Leadership Training di Northern Illinois University (NIU), selama lima minggu,” kata gubernur.
Selain didampingi istri, kedatangan Irianto ke Kampus NIU di Amerika Serikat juga turut didampingi Bupati Nunukan Ibu Hj Asmin Laura Hafid beserta suami. (azza/MK*1)

tags: , , , , ,

Related For Gubernur Paparkan Potensi Kaltara di Amerika Serikat