wisata-kaltara

Gubernur Resmikan Pabrik CPO Pertama di Sebatik

Mon, May 7th 2018. | Advertorial, Sebatik

MITRA PEMERINTAH : Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie menyerahkan bantuan 100 batang bibit Durian kepada pihak PT Sampurna Bambangan Raya.

SEBATIK, MK – Di sela kehadirannya dalam pembukaan Kemah Bela Negara (KBN) Tingkat Nasional I 2018 di Pulau Sebatik, Kabupaten Nunukan pada Jumat (4/5), Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Dr H Irianto Lambrie sempat melakukan sejumlah kegiatan. Salah satunya penandatanganan prasasti peresmian Pabrik Crude Palm Oil (CPO) PT Sampurna Bambangan Raya bersama Direktur Utama (Dirut) PT Sampurna Bambangan Raya Adi Hendra Purwanto di lokasi perusahaan tersebut, tak jauh dari Bumi Perkemahan Bambangan, Sebatik Barat yang menjadi lokasi KBN Tingkat Nasional I 2018.

Sebelumnya, pada Maret 2015, Irianto yang saat itu menjabat sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Kaltara juga meletakkan Batu Pertama pembangunan pabrik yang disebut mampu memproduksi sekitar 30 ton Tandan Buah Segar (TBS) per jam ini. Nilai investasi yang dikucurkan untuk pembangunan pabrik CPO ke-6 di Kabupaten Nunukan tersebut, sekitar Rp 100 miliar.

“Sebagaimana tujuan Pemprov (Pemerintah Provinsi) Kaltara, keberadaan investasi dari sektor perkebunan sawit dan CPO ini sangat diharapkan mampu menyerap angkatan kerja yang ada. Utamanya dari wilayah sekitar Sebatik dan Nunukan. Dan tentunya, ujungnya adalah peningkatan kesejahteraan masyarakat,” kata Gubernur.

Keberadaan pabrik ini juga merupakan implementasi dari tingginya semangat nasionalisme warga Indonesia. Disamping, kepentingan bisnis dan lainnya. “Letaknya dekat dengan perbatasan Indonesia-Malaysia. Selain, menunjukkan bahwa wilayah perbatasan kita dimanfaatkan dan diperhatikan, juga untuk menegaskan bahwa warga, termasuk investor swasta nasional sangat menjunjung tinggi semangat nasionalisme itu,” jelas Irianto. Di sela peresmian, Gubernur juga menyerahkan bantuan 100 batang bibit Durian kepada pihak perusahaan.

Tampak hadir dalam peresmian pabrik CPO yang diprakarsai oleh PT Sampurna Sejahtera ini, Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault, Wakil Gubernur (Wagub) Kaltara H Udin Hianggio, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltara Marthen Sablon, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Provinsi Kaltara dan Kabupaten Nunukan, Bupati Nunukan Hj Asmin Laura Hafid, sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se-Kaltara dan Kabupaten Nunukan, tokoh masyarakat dan lainnya.(humas)

tags: , , ,

Related For Gubernur Resmikan Pabrik CPO Pertama di Sebatik