wisata-kaltara
Gambar-Gif

Gubernur Sudah Tandatangani SK Pengangkatan CPNS

Tuesday, March 6th 2018. | Advertorial, Tanjung Selor

Gubernur Kaltara: Dr. H. Irianto Lambrie

TANJUNG SELOR, MK – Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Dr H Irianto Lambrie mengatakan, dirinya telah menandatangani Surat Keputusan (SK) pengangkatan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) hasil seleksi penerimaan CPNS di lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara pada 2017 lalu. “Jumlahnya ada 422 CPNS. Mereka, rata-rata berusia muda yang berasal dari seluruh Indonesia. Tapi, sebagian besar di antaranya adalah putra-putri Kaltara,” kata Irianto.

Untuk penyerahan SK pengangkatan kepada para CPNS ini, lanjutnya, dijadwalkan dalam waktu dekat oleh Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kaltara. “Kemungkinan akan langsung diserahkan SK-nya oleh Menpan-RB (Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi) Asman Abnur. Ini sesuai janji Menpan-RB yang berencana berkunjung ke Kaltara untuk melakukan sejumlah kegiatan. Termasuk, salah satunya menyerahkan SK CPNS Pemprov Kaltara,” ungkap Gubernur.

Irianto pun memerintahkan kepada Kepala BKD Kaltara Muhamad Ishak untuk segera menyurati Kemenpan-RB guna memastikan kedatangan Menpan-RB ke Kaltara. “Setelah menerima SK Pengangkatan, 422 CPNS baru ini akan menjalani Latihan Dasar (Latsar) selama 4 bulan. Dulu dikenal dengan Diklat Prajabatan (Pendidikan dan Pelatihan Pra Jabatan). Apabila dalam Latsar itu, CPNS tak lulus maka pengangkatannya sebagai PNS akan dibatalkan,” urainya.

Untuk penempatan ke-422 CPNS itu, dijelaskan Gubernur, akan disebar ke seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Biro yang ada di lingkup Pemprov Kaltara. “Mereka ini, kalau dilihat dari kompetensinya, dominan berasal dari Sarjana Akuntansi. Dari itu, sangat diharapkan keberadaan mereka, nantinya akan memperkuat pengelolaan keuangan dan administrasi di tiap OPD dan Biro dimana mereka ditugaskan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala BKD Provinsi Kaltara Muhamad Ishak secara terpisah mengatakan, penyerahan SK Pengangkatan CPNS hasil seleksi 2017 lingkup Pemprov Kaltara dijadwalkan pada 19 Maret nanti.

Jadwal ini bersifat tentatif, karena harus menyesuaikan dengan agenda Latsar yang digelar Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM). “Juga harus dikonekkan dengan jadwal kedatangan Menpan-RB Asman Abnur ke Provinsi Kaltara,” jelas Ishak, Senin (5/3).

Untuk itu, BKD terus berkoordinasi dengan pihak terkait. “Menurut arahan Gubernur, penyerahan SK CPNS baru itu akan dilakukan oleh Menpan-RB. Kala itu, Menpan-RB sekaligus membuka Latsar untuk CPNS baru tersebut. Kami saat ini masih berkoordinasi dengan Kemenpan-RB untuk kepastian kehadiran Menpan-RB pada 19 Maret nanti,” urainya.

Sementara itu, Kepala BPSDM Provinsi Kaltara H Suriansyah menuturkan, bila sudah terbit SK CPNS Provinsi Kaltara nanti, BPSDM akan melaksanakan Latsar kepada CPNS berdasarkan Peraturan Lembaga Administrasi Negara Nomor 24 dan 25 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Pelatihan Dasar CPNS.

“Latsar bagi CPNS akan kita laksanakan sekitar 4 bulan hari kerja. Setelah menerima ilmu yang didapatkan selama pelatihan on campus 30 hari kerja, CPNS tersebut kembali ke kantor asal selama 2 bulan. Selanjutnya, kita akan melaksanakan ujian, masa percobaan CPNS selama setahun kalau tidak lulus masa percobaan maka tidak akan diajukan atau di usulkan menjadi PNS,” kata Suriansyah.

Latsar bagi 422 CPNS baru tersebut, akan digelar selama 12 angkatan. “Untuk tempatnya, gedung BKPSDM (Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia) Bulungan jelas tidak mencukupi. Rencananya, kita akan menggunakan fasilitasnya BKPSDM Nunukan dan Malinau. Nanti kami akan lapor kepada Gubernur terkait rencana ini. Mudahan diizinkan,” tuntasnya.(humas)

tags: , , ,

Related For Gubernur Sudah Tandatangani SK Pengangkatan CPNS