Gugatan Praperadilan Herwansyah Gugur

Jumat, Maret 1st 2019. | Headline, Tanjung Selor
Tampak kedua belah pihak dalam hal ini pemohon dan termohon menunjukkan bukti-bukti kepada Majelis Hakim

TANJUNG SELOR, MK – Jum’at (1/3/2019) sidang praperadilan atas pemohon Herwansyah terhadap termohon dalam hal ini Satreskrim Polres Bulungan kembali digelar di Pengadilan Negeri (PN) Tanjung Selor dengan agenda putusan. Sidang yang dimulai sekira pukul 10.00 Wita akhirnya dimenangkan Satreskrim Polres Bulungan.

Sehingga kasus Herwansyah tetap dilanjutkan ke ranah pengadilan, bahkan pihak penyidik Satreskrim Polres Bulungan telah melimpahkan berita acara pemeriksaan (BAP) ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Bulungan dan dinyatakan P21 untuk selanjutnya dilakukan tahap II yakni penyerahan barang bukti dan tersangka.

“Sudah selesai. Kita lihat berkas dari pihak termohon juga lengkap. Pihak Herwansyah kalah dalam sidang Praperadilan,” ujarMajelis Hakim Indra Cahyadi kepada Metro Kaltara, Jumat (1/3).

Dijadwalkan sidang perdana Herwansyah atas dugaan money politik akan digelar pada Senin (4/3/2019) dengan agenda penyampaian esepsi Jaksa Penuntut Umum (JPU).

“Intinya Praperadilannya dinyatakan gugur. Dan kita tetap lanjut dalam perkaranya. Terlebih lagi sudah dilakukan P21 oleh pihak Penyidik, Sidang akan dilanjutkan Senin (4/3) nanti” kata Kepala Bidang Hukum (Kabidkum) Polda Kaltara AKBP Andrie Satyagraha selaku penasehat hukum dari pihak penyidik Satreskrim Polres Bulungan.

Sementara itu, Penasehat Hukum Herwansyah, Syahrudin mengaku tetap menghormati proses hukum yang dijalan oleh kliennya. Meski begitu, pihaknya tetap tidak puas atas penetapan tersangka terhadap kliennya hingga berkas perkaranya dinyatakan P21 oleh Kejari Bulungan.

“ Jelas kita tetap yakin ada dugaan rekayasa. Apalagi di BAP yang kita dapatkan dari penyidik sangat jelas rekayasanya. Kami sudah mendapatkan copy-an BAP-nya. Jadi menurut kami sudah kelihatan kesaksian dari saksi mana yang memberatkan sehingga jadi tersangka,” ungkapnya.

“Kami memghormati proses hukum yang berjalan. Tugas kami membuktikan jika klien kami tidak bersalah. Dia adalah salah satu orang yang dikorbankan dengan cara rekayasa proses hukum. Keterangan kami akan kami buktikan di persidangan Senin nanti apakah benar atau tidak,” terang Syahrudin. (as)

tags: , , ,

Related For Gugatan Praperadilan Herwansyah Gugur