Gambar-Gif

Gunakan Helikopter Pantau Tambak dan Ambalat

Thursday, December 11th 2014. | Advertorial, Kaltara, Tarakan
- wisata-kaltara -

Persiapan

  • Pj Gubernur Pimpin Rapat Persiapan Kedatangan Presiden RI

Tarakan, metrokaltara.com – Rencana kedatangan Presiden RI Ir Joko Widodo di Tarakan dalam rangka membuka kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Pembangunan Nasional (Musrembangnas) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019 Regional Kalimantan. Juga akan dimanfaatkan untuk melakukan kunjungan di Sebatik dan Kota Nunukan dengan menggunakan Helikopter Super Puma.

Penjabat Gubernur Kalimantan Utara Dr H Irianto Lambrie mengatakan kedatangan Presiden RI dengan menggunakan pesawat kepresidenan diperkirakan akan tiba di Bandara Juwata, Tarakan, Senin (15/12) sore. Setalah istirahat sebentar, Presiden RI akan membuka Musrenbangnas Regional di ruang serba guna Kantor Walikota Tarakan.

“Keesokan harinya, Selasa (16/12), Bapak Presiden bersama istri dengan menggunakan helicopter akan melanjutkan lawatan kerja ke Sebatik dan Kota Nunukan,”ujar Irianto usai rapat pemantapan persiapan kedatangan di ruang kerja Walikota Tarakan Sofian Raga, Kamis (11/12). Hadir dalam pertemuan Sekdaprov Kaltara Drs H Badrun beserta jajaran dan perwakilan dari Pemkab Nunukan, Pemkab Malinau serta unsur TNI/Polri.

Irianto mengatakan saat mendampingi Presiden RI, dirinya akan menjelaskan potensi pertambakan yang dikelola masyarakat di wilayah Kaltara yang memiliki luasan hampir 150 ribu ha. Namun saat ini terkendala wilayah pertambakan yang dibuka berada di kawasan hutan. Kondisi ini merugikan para petani karena mereka tidak bisa mengajukan pinjaman kredit di bank. Sebab lahan yang ada tidak bisa dikeluarkan sertifikatnya. Pihaknya akan mengusulkan supaya ada legalisasi sehingga salah satu keuntungan yang dirasakan selain bagi petani. Juga bagi pemerintah daerah dimana bisa melakukan penarikan retribusi pajak untuk meningkatkan Pendapatan Asli daerah (PAD).

Selain itu, lanjut Irianto sebelum mendarat di Pos Marinir, Sungai Pancang, Sebatik, helicopter yang membawa Presiden RI akan  berputar di atas Karang Unarang, untuk melihat lokasi perbatasan laut antara Indonesia-Malaysia secara langsung. Untuk diketahui, Blok Ambalat (Karang Unarang) beberapa tahun lalu sempat memanas karena menjadi rebutan antara Indonesia dan Malaysia.

 “Dari Sungai Pancang, Pak Presiden dengan menggunakan kendaraan darat menuju Aji Kuning. Setelah melihat patok perbatasan, sekaligus bertemu dengan masyarakat, Pak Presiden akan menuju Nunukan Kota,” katanya.

Saat berada di Nunukan Kota, lanjut Irianto, Presiden  direncanakan akan mengunjungi Pelabuhan Tunon Taka, sebagai pintu keluar masuknya penumpang dan barang salah satunya keluar masuk TKI dari negara Malaysia dan dilanjutkan kunjungan ke lokasi kebakaran,” imbuhnya.

Usai melakukan kunjungan dan bertemu warga Nunukan, lanjut Irianto rombongan kembali ke Tarakan untuk selanjutnya Presiden RI akan kembali ke Jakarta dengan menggunakan pesawat Kepresidenan.

.

(Rz/hmsprov)

tags:

Related For Gunakan Helikopter Pantau Tambak dan Ambalat