Hadiri Hakteknas, Gubernur Minta Masyarakat Berinovasi

Kamis, Agustus 29th 2019. | Advertorial, Uncategorized

HARTEKNAS 2019 : Gubernur Katara Dr H Irianto Lambries saat menghadiri acara puncak peringatan Hakteknas 2019 di Bali, Rabu (28/8).

DENPASAR, MK – Bersama beberapa gubernur dan kepala daerah lainnya, Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Dr H Irianto Lambrie turut menghadiri acara puncak peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-24 yang diselenggarakan di Lapangan Puputan Margarana, Niti Mandala Renon, Kota Denpasar, Bali, Rabu (28/8).

Hadir sekaligus memberikan arahan dalam acara Hakteknas pagi itu, Wakil Presiden Republik Indonesia(Wapres RI), HM Jusuf Kalla. Juga hadir Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek-Dikti) Mohammad Nasir, serta para inovator dan akademisi dari seluruh Indonesia.

Peringatan Hakteknas sendiri biasanya digelar setiap 10 Agustus 2019. Namun, karena tahun ini tanggal itu bertepatan dengan Hari Raya Iduladha 1440 Hijriah, maka pelaksanaannya baru pada Rabu kemarin.

Mengutip arahan Wapres dalam sambutannya, Gubernur mengatakan, berkaitan dengan teknologi dan inovasi, harus diakui bersama, jika dalam hal kemajuan teknologi, Indonesia masih ketinggalan dengan negara-negara lain. Bahkan di tingkat Asia, hanya Vietnam yang berada di bawah Indonesia.

“Untuk itu, sesuai arahan Wapres tadi, melalui momen Hakteknas, diharapkan menjadi kebangkitan kemajuan teknologi kita,” kata Irianto.

Disampaikan juga, kegiatan peringatan seperti ini jangan hanya sebagai acara seremoni. Namun harus dibarengi dengan kerja nyata.

Gubernur mengatakan, sebagai dasar teknologi, adalah pendidikan. Untuk itu, jika ingin teknologi maju, pendidikan harus semakin maju. Teknologi, menurut Wapres, tidak saja berbicara dunia IT (teknologi informasi), tapi juga inovasi yang meningkatkan nilai tambah. “Dengan inovasi kita melakukan efisiensi, percepatan, dan menjadi lebih baik. Dari yang produksinya sedikit menjadi banyak, yang lambat menjadi cepat,” ungkapnya.

Selain nilai tambah, lanjutnya, teknologi juga harus meningkatkan setiap usaha ilmu pengetahuan dan riset yang dapat memberikan efisiensi daripada sebelumnya. Inovasi teknologi juga harus membuat sesuatu memiliki biaya lebih murah daripada sebelumnya.

Dengan inovasi dalam teknologi juga harus membuat Indonesia memenangkan persaingan antara bangsa-bangsa di dunia. “Apa yang disampaikan Wapres, pas dengan tema Hakteknas ke-24 Tahun 2019 ini, yaitu “Iptek dan Inovasi Dalam Indonesia Kreatif 4.0” dengan sub tema, Industri Kreatif 4.0 untuk Kemandirian dan Daya Saing Bangsa,” urai Irianto.

Untuk diketahui, upacara Hakteknas kemarin merupakan acara puncak, setelah pemerintah melalui Kemenristek melakukan beberapa kegiatan sebelumnya. Seperti di antaranya, pameran teknologi invormasi, hingga pemberian penghargaan kepada pemerintah daerah, swasta, lembaga dan juga perorangan yang dianggap berprestasi di bidang teknologi dan inovasi.

Gubernur menambahkan, di Kaltara, masih dalam kaitannya dengan teknologi dan inovasi, sejauh ini masih bagus. Dalam berbagai kesempatan Irianto juga selalu mengajak masyarakat untuk berinovasi. “Inovasi adalah kunci keberhasilan. Untuk itu, mari kita selalu untuk berinovasi,” tutup Gubernur.(humas)

tags: , ,

Related For Hadiri Hakteknas, Gubernur Minta Masyarakat Berinovasi