Gambar-Gif

Hari Nusantara Digelar di Nunukan

Wednesday, November 19th 2014. | Advertorial, Kaltara, Nunukan
- wisata-kaltara -

Syaiful Herman

  • Berencana Hadirkan Menteri Kelautan dan Perikanan

Tanjung Selor, metrokaltara.com – Pelaksanaan upacara peringatan Hari Nusantara 2014 di Provinsi Kalimantan Utara. Rencananya akan digelar di dermaga Markas Komando (Mako) TNI AL Nunukan, Rabu (10/12) mendatang.

Asisten II Bidang Ekonomi dan Kesra Ir Syaiful Herman mengatakan peringatan Hari Nusantara di Kaltara merupakan yang pertama kali yang dilaksanakan semenjak terbentuknya provinsi termuda di Indonesia tersebut.

“Dalam upacara peringatan Hari Nusantara, kami berencana mengundang Bu Menteri (Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti),”ujar Syaiful usai melakukan pertemuan di Nunukan beberapa waktu lalu.

Ia mengatakan Nunukan dipilih sebagai tuan rumah peringatan Hari Nusantara dikarenakan selain sebagai daerah yang berbatasan secara langsung baik darat dan lautan dengan negara tetangga Malaysia. Juga memiliki potensi kelautan dan perikanan yang besar dimana semestinya mampu dikelola seluas-luasnya untuk percepatan peningkatan kesejahteraan masyarakat Kaltara.

Syaiful mengatakan kegiatan peringatan Hari Nusantara di Nunukan akan dihadiri Penjabat Gubernur Kalimantan Utara Dr H Irianto Lambrie beserta Bupati dan Walikota se-Kaltara. Berbagai lomba akan diselenggarakan diantaranya lomba perahu, memancing serta lomba memasak serba ikan.

“Untuk tingkat nasional Hari Nusantara 2014 akan diadakan di Kota Baru, Kalimantan Selatan 13 Desember 2014. 13 Desember juga merupakan hari Deklarasi Juanda dibuat pada tahun 1957 dan karenanya, Hari Nusantara juga menjadi sebuah peringatan pernyataan unilateral Indonesia yang mengukuhkan tekad untuk muncul sebagai negara kepulauan di percaturan politik internasional,”ujarnya.

Ia mengatakan potensi kelautan Indonesia termasuk di wilayah Kaltara sangat luar biasa. Namun, potensi tersebut belum dimanfaatkan dengan maksimal. Salah satu upaya yang harus dilakukan diantaranya perlu mengubah gaya hidup dan cara berpikir masyarakat ke arah “maritime-oriented” yang harus dimulai sejak dini. Dimana mampu tercapainya arti wawasan nusantara dalam arti geopolitik dan wawasan maritim dalam arti geoekonomi serta laut sebagai ruang hidup dan ruang juang.

“Peringatan Hari Nusantara pada hakekatnya bukan hanya sekedar memperingati Deklarasi Juanda saja. Namun harus mampu membangkitkan kembali dan meningkatkan serta memperkokoh semangat persatuan dan kesatuan bangsa. Sekaligus mengingatkan kita semua bahwa perjuangan untuk mewujudukan cita-cita dan tujuan bersama belum selesai. Masih banyak dinamika ancaman, tantangan dan hambatan serta gangguan yang harus kita hadapi bersama-sama. Tentunya dengan bersatu kita bisa,”ujarnya.

.

Reporter: hmsprov/drm

Editor: muhammad Reza R.

Related For Hari Nusantara Digelar di Nunukan