wisata-kaltara

Ibukota Provinsi Kaltara Terancam Banjir Bandang

Tuesday, May 9th 2017. | Bulungan, Headline, Kaltara

Tanjung Selor, MK – tingginya intensitas hujan Bahau dan Hulu sungai Kayan membuat debit air terus meningkat, hingga saat ini sejumlah wilayah dan ruas jalan di Tanjung Palas, Kabupaten Bulungan mulai tergenang.

Salah satu warga Tanjung Palas Wawan saat di hubungi Radio Kaltara (Metro Kaltara Grup) mengatakan sejumlah jalan mualh tergenang dengan ketinggian air selutut orang dewasa atau sekitar 50 cm, “Dari pantauan kami pagi ini, ketinggian air diatas lutut orang dewasa dan air ini diperkirakan akan terus mengalami kenaikan jika tadi malam terjadi hujan di hulu” ungkapnya.

Wawan menjelaskan banjir kiriman ini disebabkan hujan lebat yang mengguyur wilayah Bahau dan Hulu sungai kayan. Wawan menuturkan mendapatkan informasi tersebut dari rekannya yang ada di peso melalui pesan WA (whats app).

“Informasi yang beredar melalui WA menyebutkan di peso sudah ada rumah warga yang mulai tergenang dan pantauan kami, dari anak suangai di Tanjung Palas arus air sangat deras yang menunjukan ketinggian air di Hulu cukup tinggi” terangnya.

Warga di wilayah Tanjung Palas mulai mengantisipasi banjir dengan mengungsikan barang berharga dan ternak ke wilayah yang lebih tinggi, “warga disini sudah mulai mengantisipasi banjir dengan mengamankan ternak ketempat yang lebih tinggi, takut sapi jatuh ke parit dan terlilit tali” jelas Wawan.

Untuk di ketahui, banjir bandang tahunan di Kabupaten Bulungan beberapa waktu lalu merendam ibukota Tanjung Selor dan menelan korban jiwa satu orang, banjir terjadi karena luapan air suangai kayan yang menjadi moda transportasi utama warga yang ada di kabupaten bulungan.(MK*)

tags: ,

Related For Ibukota Provinsi Kaltara Terancam Banjir Bandang