wisata-kaltara

Ingatkan Warga Jaga Kebersihan Lingkungan

Thursday, September 6th 2018. | Advertorial, Tarakan

SOSIALISASI : Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie memberikan arahan pada sosalisasi Perpres 97 Tahun 2017 sekaligus serah terima hibah aset speedboat Kaltara 3 ke Polda Kaltara di Restaurant Royal Crown, Rabu (5/9).

TARAKAN, MK – Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Dr H Irianto Lambrie mengimbau kepada masyarakat untuk dapat menjaga lingkungan masing-masing agar tidak tercemar, khususnya oleh sampah. Penanganan sampah ini perlu digalakkan untuk mewujudkan masyarakat yang sehat dan mandiri.

Menurut Gubernur, jika dikelola dengan baik tentu akan memberikan efek positif bagi masyarakat itu sendiri. “Saya berharap kita dapat merubah mindset dalam hal menjaga kebersihan. Karena kebersihan itu sebagian dari iman,” kata Irianto saat membuka Sosialisasi Peraturan Presiden (Perpres) 97 Tahun 2017 tentang Kebijakan dan Strategis Nasional Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Rumah Tangga, sekaligus Bimbingan Teknis Pengelolaan Sampah di Restaurant Royal, Rabu (5/9).

Tidak hanya soal itu, Irianto juga mengajak seluruh komponen masyarakat untuk terlibat dalam gerakan ‘Kaltara Bersih’ yang akan dimulai besok (7/9). Ia menjelaskan, gerakan ini digagas bersama Polda Kaltara untuk meningkatkan kesadaran seluruh warga Kaltara dalam meuwujudkan upaya hidup bersih dan sehat. “Semua itu harus kita mulai dari hal yang terkecil lebih dahulu,” sebut Gubernur.

Bahkan Gubernur telah menerbitkan surat edaran beberapa waktu lalu, dan telah didistribusikan ke seluruh kabupaten/kota. Selain unsur pemerintahan, Gubernur juga menginstruksikan agar surat edaran itu didistribusikan ke Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Kaltara. Menurut Irianto, jika jajaran pemerintahan dapat memberi contoh dalam hal kebersihan, tentu akan memberikan manfaat positif dan ditiru oleh masyarakatnya. “Surat itu nantiya kita tembuskan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri),” tutur Irianto.

Pada tempat yang sama, Gubernur juga menyempatkan diri untuk menyerahkan hibah aset speedboat Kaltara 3 kepada jajaran Polda Kaltara. Irianto mengungkapkan, ini bertujuan untuk mendukung tupoksi Polda Kaltara. “Kita selalu mendukung gerak cepat dan komitmen Polda Kaltara,” ulas Gubernur.

Ini juga merupakan salah satu gerak cepat dalam membantu Polda Kaltara, sebagai penopang pembangunan di Kaltara. Hal itu terbukti, kurang dari seminggu usulan dari Kapolda untuk hibah ini dapat terealisasikan. “Gerak cepat ini mampu kita lakukan tanpa harus menabrak aturan,” urai Irianto.

Hibah ini juga, lanjut Irianto adalah sebagai upaya pemerintah dan kepolisian dalam melakukan pemberantasan narkoba. Ia menilai, Polda Kaltara sudah berbuat banyak untuk keamanan dan ketertiban di masyarakat. “Baru-baru ini Polda Kaltara membongkar sindikat perampokan tambak yang kerap beroperasi di perairan Kaltara,” tuntas Gubernur.(humas)

tags: , , , ,

Related For Ingatkan Warga Jaga Kebersihan Lingkungan