Inspiratif, Pemuda Desa Kaliamok Bentuk Taman Baca Masyarakat

Minggu, Februari 3rd 2019. | Headline, Malinau

Malinau, MK – Sebagaimana salah satu program utama Pemerintah Daerah Kabupaten Malinau, yaitu wajib belajar 16 tahun, yang juga menjadi salah satu target Pemerintah Daerah Malinau yaitu di tahun 2019 terbangunnya gerakan sadar kualitas SDM. Sekelompok pemuda Di Desa Kaliamok berinisiatif untuk membangun SDM di Desa Kaliamok dengan cara membentuk Taman Baca Masyarakat (TBM), yang telah mulai aktif sejak Januari 2019.

Taman Baca Masyarakat (TBM) yang di beri nama TBM Rumah Mileh Desa Kaliamok, saat ini kepengurusannya berjumlah 5 orang, yang di ketuai oleh Paulina, S.Pd TBM ini juga menjalin kerja sama dengan OPOB (one person one book) dan LITARA, tujuannya agar anak-anak di Desa Kaliamok dapat mengisi waktu mereka dengan kegiatan yang positif.

“Di TBM anak-anak dapat belajar mengenal huruf, membaca, dan sambil bermain juga,” terang ketua dari TBM Rumah Mileh Desa Kaliamok.

Paulina juga menjelaskan bahwa meskipun ada kerja sama dengan pihak lain, TBM Rumah Mileh Desa Kaliamok ini adalah kelompok yang berdiri sendiri, dengan Pemerintah Desa Kaliamok sebagai penanggung jawabnya.

Sementara ini pengurus TBM Rumah Mileh Desa Kaliamok memanfaatkan buku-buku yang tersedia pada perpustakaan desa, sambil menunggu kiriman buku-buku lainnya dari OPOB.
Dan buku – buku yang ada di TBM terdiri dari buku yang sifatnya umum, agama, dan anak-anak.

Ketika ditanya tentang kegiatan yang telah dilakukan oleh TBM yang di buka setiap hari jumaat dan sabtu tersebut, Paulina menerangkan bahwa di hari jumat dilaksanakan belajar sambil bermain di luar ruangan, sementara untuk hari sabtu dari pukul 10 pagi sampai dengan pukul 17 dilakukan pembagian kelas.

“Ada 4 kelas yaitu, kelas yg mengenal huruf, kelas mengeja, kelas yang sudah mengenal huruf serta mengeja, dan kelas yang sudah bisa membaca,” terangnya.

“Khusus kelas yang sudah bisa membaca kedepan akan dilakukan semacam even untuk membuat karya tulis,” tambah Paulina.

TBM Rumah Mileh Desa Kaliamok yang sementara ini meminjam kantor PKK Desa Kaliamok untuk menjalakan aktifitasnya, masih banyak kendala yang dihadapi oleh TBM, kendala yang hadapi masih minimnya sarana prasana, seperti gazebo, papan tulis, alat – alat tulis, serta buku-buku yang digunakan adalah buku – buku bekas yang masih edisi lama.

“Harapan kami semoga ada bantuan agar aktifitas kami dapat berjalan dengan lancar,” tutup Paulina. (Aan/ Diskominfo)

tags:

Related For Inspiratif, Pemuda Desa Kaliamok Bentuk Taman Baca Masyarakat