Iwan Setiawan Jalani Pemeriksaan Perdana Atas Kasus Pencemaran Nama Baik Gubernur

Senin, April 15th 2019. | Tanjung Selor
DIPERIKSA: Tampak Iwan Setiawan dan Kusasa Hukumnya Muklis Ramlan memperlihatkan hasil laporannya ke Ditkrimum Polda Kaltara

TANJUNG SELOR, MK – Senin (15/4/2019) Iwan Setiawan akhirnya memenuhi panggilan Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditktrimum) Polda Kaltara untuk menjalani pemeriksaan perdana oleh penyidik atas tuduhan pencemaran nama baik dan fitnah kepada Gubernur Kaltara Dr. H Irianto Lambrie.

Iwan Setiawan  yang didampingi kuasa hukumnya Muklis Ramlan diperiksa oleh penyidik Ditkrimum Polda Kaltara selama kurang lebih 4 jam. Dalam pemeriksaan tersebut Iwan Setiawan membantah semua laporan yang dituduhkan kepadanya.

“Kami sudah memberikan klarifikasi penuh kepada penyidik tadi dan semua kita bantah,” ujar Muklis Ramlan kepada Metro Kaltara, Senin (15/4).

Selain melakukan klarilifikasi, Iwan panggilan sapaannya juga melaporkan balik terhadap dua orang yakni SI dan SH yang menurutnya telah memfitnah kliennya dan membentuk opini yang tidak benar sehingga merugikan kliennya.

“Terakhir kami juga melaporkan balik dua orang yang kami duga telah melakukan kejahatan pidana. pertama saudara SI yang lebih dulu melaporkan klien kami bahwa saudara SI menyatakan dalam salah satu media telah mengklarifikasi dan  membuka ruang komunikasi kepada kami. Itu kita bantah, tidak pernah sama sekali sampai saat ini klien kami melakukan itu semua. Jadi seolah-olah ada peristiwa kaya begini ada deal-deal tertentu dan dianggap selesai. Ini kan fitnah juga,” tuturnya.

“Saudara SH kami laporkan juga, bahwa dia telah memfitnah memberikan keterangan palsu dari laporan yang ia buat ke penyidik Polda Kaltara tanpa klarifikasi bahwa membentuk opini sesat dan menyebabkan kerugian materil terhadap klien kami. Itu semua tuduhan keji,” sambungnya.

Dijelaskan Muklis bahwa apa yang dikatakan kliennya di media sosial tentang KKN lebih kepada Kerja Kurang Nyata bukan Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme.

“KKN yang dia maksud adalah Kerja Kurang Nyata tapi di opinikan Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN) sehingga membuat orang marah kepada klien kami. Nah ini dua sudah kami tampakkan laporannya. Kami sangat yakin kepolisian juga memproses dengan profesional dan tentu akan menindaklanjuti semua apa yang kita laporkan tadi,” jelasnya.

Sementara itu Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirkrimum) Polda Kaltara Kombes Pol Partomo Iriananto melalui Wakil Direktur (Wadir) AKBP Hendro Kusmayadi mengatakan dirinya tidak bisa menyampaikan ke publik terkait hasil pemeriksaan terhadap IS. Namun kasus tersebut, kata dia, tetap diproses sebagaimana mestinya. Terkait laporan yang dilakukan IS, juga akan ditindaklanjuti.

“Ini kan berisfat rahasia keterangan dari terlapor, kita tidak boleh menyampaikan keterangannya. Terkait laporan balik nanti kita telaah dulu laporannya. Untuk waktunya, karena ini suasana pemilu jadi kita konsentrasi dulu kesana, kemungkinan setelah pemilu,” terangnya. (as)

tags: , ,

Related For Iwan Setiawan Jalani Pemeriksaan Perdana Atas Kasus Pencemaran Nama Baik Gubernur