wisata-kaltara

JAGA PERBATASAN, LANAL TARAKAN DI TINGKATAKAN MENJADI LANTAMAL XIII

Wednesday, August 12th 2015. | Headline, Kaltara, Tarakan
Lantamal XIII

Pankalan Utama TNI Angkatan Laut XIII Mamburungan Kota Tarakan, Kalimantan Utara

TARAKAN, MK – Untuk mewujudkan Program Pemerintah di bidang Kemaritiman dan meningkatkan pengamanan perbatasan Indonesia Malaysia, khususnya di wilayah perbatasan Ambalat, TNI Angkatan Laut meningkatkan Lanal Tarakan menjadi Lantamal XIII, nantinya Lantamal ini akan di lengkapi dengan tiga KRI dan 1000 porsenil untuk menjaga ketertiban dan keamanan di wilayah perbatasan.

Peningkatan Lanal Tarakan menjadi Lantamal XIII diharapkan mampu pengawasan terhadap wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia dan Philiphina di wilayah perairan laut Sulawesi.

Tingginya pelangaran yang terjadi diwilayah perbatasan Indonesia Malaysia khususnya di wilayah Ambalat dihaarapkan dapat diminimalisir dengan meningkatkan intensitas patroli KRI di wilayah tersebut, sebanyak tiga KRI dan 1000 personel akan terus melakukan patroli dilayah perbatasan yang dianggap rawan terjadinya pelanggaran.

Lantamal XIII Tarakan dibawah komando Pangarmatim yang akan mebawahi beberapa Lanal diantaranya Lanal Balikpapan, Lanal Banjarmasin dan Lanal Nunukan.

Kasal

Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Ade Supandi berpose bersama, Rabu (12/08)

Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Ade Supandi mengatakan keberadaan Lantamal XIII di Kota Tarakan sangat strategis mengingat kawasan perbatasan Indonesia Malaysia dan Philifina di laut Sulawesi yang dinilai rawan dan bisa dijangkau dalam waktu dekat dari Kota Tarakan.

Selain itu, peresmian Lantamal XIII ini dilakukan aksi terjun payung oleh anggota marinir sekaligus menghibur ratusan masyarakat yang turut hadir menyaksikan acara tersebut.(Rz)

.

tags: , , , ,

Related For JAGA PERBATASAN, LANAL TARAKAN DI TINGKATAKAN MENJADI LANTAMAL XIII