Gambar-Gif

Jalan Santai Semarakkan Hari Kesehatan Nasional

Sunday, November 16th 2014. | Advertorial, Bulungan, Kaltara
- wisata-kaltara -

Jalan Santai Semarakkan Hari Kesehatan Nasional

*Pj Gubernur dan Sekdaprov Turut Serta

*Sekaligus Sosialisasi Anti Rokok

Tanjung Selor – Rangkaian Hari kesehatan Nasional ke-50 di Tanjung Selor diperingati cukup sederhana, namun sarat akan manfaat bagi masyarakat, terutama bagi kesehatan. Ialah jalan santai yang diprakarsai oleh Dinas Kesehatan Provinsi Kaltara bekerja sama dengan beberapa promotor dari kalangan swasta diantaranya perbankan.

Sedari pagi, ribuan masyarakat Tanjung Selor dan sekitarnya berkumpul di Lapangan Agathis, Tanjung Selor. Sebelum mengitari rute, peserta jalan santai yang terdiri dari kalangan masyarakat umum, birokrasi, serta anggota TNI/Polri melakukan peregangan otot dengan senam jasmani.

Sekitar 30 menit melakukan senam, akhirnya Penjabat Gubernur Kaltara, Irianto Lambrie mengangkat bendera start tanda dimulainya jalan santai, yang mengambil rute jalan lapangan Agathis, Jalan Kolonel Soetadji, Jalan Jeruk, Jalan Rambutan, dan kembali finis di lapangan Agathis.

Satu aksi simbolis kembali diperlihatkan peserta setibanya di lapangan Agathis. Diantara mereka umumnya cukup antusias mengecap lima jari yang berlumur cat berwarna hijau dan merah di atas kain putih sepanjang 10 meter. Aksi simbolis tersebut menandakan masyarakat Tanjung Selor yang anti terhadap rokok.

“Rokok memang cukup berbahaya bagi kesehatan. Untuk itu, ke depan produk hukum harus ada untuk membatasi ruang merokok di tempat umum, apalagi di kantor pemerintahan. Tentu jikalau melanggar ada sanksi tegas,” ujar Penjabat Gubernur Kaltara, Irianto Lambrie.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kaltara, Suryanata membenarkan, pada dasarnya jalan santai ini selain menciptakan kondisi tubuh yang prima, juga merupakan salah satu instrument sosialisasi yang cukup efektif untuk memerangi rokok, khususnya kepada generasi muda Kaltara.

Suryanata mengakui, usia muda adalah usia dimana pribadi manusia cenderung untuk mencoba hal-hal yang baru. Jika tidak ada pemahaman yang diberikan oleh pemerintah, orang tua dan masyarakat kepada anak-anak di usia muda, dikhawatirkan generasi muda cukup rentan kecanduan terjadap rokok.

“Ini yang harus dintisipasi. Karena sebagai misi provinsi, generasi muda Kaltara harus dibentuk dengan cara-cara yang baik agar nantinya mampu berkarakter, berdaya saing. Tentu kuncinya berada di kesehatan mereka sendiri,” ulasnya.

Perlu diketahui, dalam kegiatan jalan santai kemarin, panitia menyediakan berbagai doorprize menarik bagi masyarakat yang beruntung, diantaranya televisi, kulkas, kipas angin, rice cooker, serta beberapa unit sepeda.

“Ini untuk kedua kalinya kami selenggarakan. Tentu kegiatan ini ke depan akan rutin kami adakan, tidak saja di peringatan Hari Kesehatan Nasional, tetapi juga di hari-hari libur, karena di situ adalah waktu bagi masyarakat untuk bersantai dan bisa mengikuti sosialisasi melalui jalan santai,” pungkasnya.

 .

.

Reporter: hmsprov/drm

Editor: Muhammad Reza R

 

tags:

Related For Jalan Santai Semarakkan Hari Kesehatan Nasional