Jelang Arus Mudik, 9 Bus Damri Dilakukan Rampcheck

Selasa, Mei 21st 2019. | Headline, Tanjung Selor

UJI KIR: Tampak petugas dari Dishub Bulungan melakukan Rampcheck terhadap Bus Damri, Selasa (21/5)

TANJUNG SELOR, MK – Untuk menjaga kenyamanan dan keselamatan penumpang yang akan mudik lebaran, sebanyak 9 unit mobil Bus Damri dilakukan uji kelaikan berupa uji kir di Kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Bulungan.

“Pemerikasaan ramp check ini dalam rangka mudik lebaran untuk melihat kesiapan dan keamanan armada. Itu kita laksanakan setiap hari besar perayaan agama,” ujar Kepala Dishub Bulungan Hasan Pemma kepada Metro Kaltara, Selasa (21/5).

Ia menuturkan jika pelaksanaan pemeriksaan ini terselenggara atas kerjasama dengan Dishub Kaltara, Ditlantas Polda Kaltara, Jasa Raharja, dan BPTD Wilayah XVII Kaltim dan Kaltara.

“Karena kita yang punya fasilitasnya maka diujinya disini,” tuturnya.

Dari hasil pengecekan, 9 unit Damri ini masih laik untuk beroperasi. Hasan mengaku Bus Damri tersebut rutin dilakukan pengecekan sehingga tidak ada kendalam dalam pemeriksaan. Disamping itu, pihaknya tidak mungkin memberikan ijin beroperasi jika ditemukan ada kerusakan atau tidak laik beroperasi.

 “Baik semua, karena mereka tidak akan jalan kalau bermasalah. Mereka sendiri sudah ramp check saat Natal dan tahun baru,” ungkapknya.

Item-item yang diperiksa, kata dia, untuk setiap kendaraan pada umumnya berupa ban, rem dan lampu serta gas buangan (emisi). Kondisi semuanya ini harus bagus, karena semua item itu mendukung untuk kelaikan kendaraan.

“Ban tidak gundul, saat pengereman tidak blong, lampunya tidak mati. Selama ini kita belum temukan adanya insiden rem blong atau lainnya. Dan kita tidak harapkan itu,” bebernya. (as)

tags: , ,

Related For Jelang Arus Mudik, 9 Bus Damri Dilakukan Rampcheck