wisata-kaltara

Jelang Arus Mudik Lebaran, KSOP Tarakan Sidak Keamanan Speed Boat

Wednesday, June 22nd 2016. | Headline, Tarakan
Kepala Patroli KSOP Kelas II Tarakan Syahruddin

Kepala Patroli KSOP Kelas II Tarakan Syahruddin

Tarakan, MK – Jelang arus mudik lebaran, Kantor Kesyabandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Tarakan melakukan pemeriksaan alat keamanan pada speed boat reguler di Pelabuhan Tengkayu I, Rabu (22/06) sekitar pukul 09.00 WIta.

Hal itu dilakukan mengingat menjelang arus mudik lebaran penumpang akan mengalami peningkatan drastis. Kepala Patroli KSOP Kelas II Tarakan Syahruddin mengaku pemeriksaan dilakukan dalam rangka arus mudik lebaran sehinga penumpang yang melewati jalur laut menggunakan speed boat dapat kemanannya terjaga.

“Dalam rangka menjelang arus mudik, aspek keselamatan dikedepankan sehingga dilakukan pemeriksaan,” ujarnya kepada Metro Kaltara.

“Pemeriksaan mulai dari safety life jacket atau Pelamppung dan kapasitas angkut satu kapal. Jadi semuanya harus sesuai dengan ketentuan yang diatur, intinya sesuai dengan persyaratan,” tegasnya.

Ia menuturkan selama ini dalam melakukan pemeriksaan, pihaknya belum menemukan speed boad yang tidak mematuhi persayaratan. “Kita belum menemukan semuanya sudah terkomunikasi dengan baik. Artinya kami bersyukur karena adanya kesadaran sendiri dari pemilik speed boat dan masyarakat bahwa pentingnya keselamatan,” imbuhnya.

Petugas KSOP sendiri rencanya akan terus melakukan pemeriksaan sampai lebaran. Sementara itu jumlah penumpang yang melalui Pelabuhan Tengkayu I sudah mulai meningkat dan mencapai empat ribu jiwa. “Kemarin jumlah penumpang datang dari 1400 menjadi 2089 jiwa, terus yang berangkat biasanya 1259 menjadi 2227 jiwa,” tutur Syahruddin. (aras/MK*1)

 

tags: ,

Related For Jelang Arus Mudik Lebaran, KSOP Tarakan Sidak Keamanan Speed Boat