wisata-kaltara
Gambar-Gif

Jelang Hari Raya Idul Adha, Dinas Pertanian Pastikan Hewan Qurban Aman

Saturday, August 18th 2018. | Advertorial, Malinau

MALINAU, MK – Menjelang hari raya Idul Adha 1439 Hijriyah, Dinas Pertanian Kabupaten Malinau melalui PPL telah melakukan survey ke beberapa kandang ternak sapi dan kambing di wilayah bumi intimung. Survey itu untuk memastikan persediaan hewan qurban.

Kepala Dinas Pertanian, Ir. Kristian Muned, MT mengatakan berdasarkan informasi yang diterima dari penyuluh pertanian lapangan (PPL) saat melakukan survey bahwa untuk stok hewan qurban di Malinau ada dan dipastikan aman. “Saat petugas PPL kami ke lapangan mereka melaporkan ada stok yang readi dari milik para peternak jumlahnya itu berkisar 40 ekor,” sebutnya.

Meski terbilang masih belum mencukupi, pihak PPL dilapangan masih melakukan survey untuk mencukupi kebutuhan. Seperti yang dilakukan pada tahun sebelumnya dimana untuk jumlah hewan qurban berkisar 137 ekor sapi dan 34 kambing. “Kondisi tahun lalu jumlah seperti itu dengan empat titik,” katanya.

Oleh sebab itu, pihaknya akan memastikan bahwa untuk hewan qurban akan bertambah.

“Harapan kami ada penambahan dan bisa melebih dari tahun sebelumnya. Saat ini petugas PPL juga sedang mendata peternak yang mau menjual sapi atau kambingnya untuk di kurbankan,” jelasnya.

Sementara dari sisi kelayakan, Ir. Muned memastikan dari segi kesehatan hewan qurban tersebut dapat dikonsumsi. Oleh sebab itu, pada Rabu (15/8) lalu pihaknya bersama dengan Kemenag melakukan sosialisasi terhadap hewan qurban.

“Waktu kita sosialisasi bersama kemenag, dari segi konteks hewan qurban itu terbilah Aman, sehat, utuh dan halal,” katanya.

Oleh sebab itu, Ir. Muned meyakini bahwa hewan qurban yang akan disebarkan ke empat titik wilayah di Malinau ini telah memenuhi standar sesuai dengan yang diyakini oleh umat islam. “Hewan yang dijadikan korban itu betul-betul memenuhi standar kesehatan maupun dari kaidah yang diyakini umat islam,” ungkapnya.

Apalagi, berangkat dari tahun sebelumnya diakuinya, bahwa kondisi daging korban yang dikonsumsi oleh masyarakat khususnya umat Islam dengan kondisi daging yang sehat. “Karena kita juga memiliki dokter hewan yang dapat memastikan bahwa hewan qurban itu aman, sehat, utuh dan halal untuk dikonsumsi,” pungkasnya. (Diskominfo)

tags:

Related For Jelang Hari Raya Idul Adha, Dinas Pertanian Pastikan Hewan Qurban Aman