Gambar-Gif

Jika Gramedia Tutup,Bagaimana Nasib Karyawannya?

Sunday, March 29th 2015. | Ekonomi & Bisnis, Headline, Tarakan
- wisata-kaltara -
Toko Buku Gramedia Tarakan

Toko Buku Gramedia Tarakan

Tarakan,metrokaltara.com,-Desas-desus akan ditutupnya toko buku ternama Gramedia yang terletak di lantai 2 gedung Grand Tarakan Mall mulai 1 April 2015 mendatang membuat banyak masyarakat bertanya-tanya,bagaimana dengan nasib karyawannya,apakah akan di PHK atau dipindah tugaskan.

Store manager Gramedia Tarakan Darwanto yang ditemui metrokaltara.com di kediaman walikota Tarakan pagi tadi mengatakan saat ini secara keseluruhan Gramedia Tarakan memiliki 50 orang karyawan.Dia juga mengatakan jika kemungkinan terburuknya Gramedia Tarakan sampai ditutup maka sebagian besar karyawan yang bekerja akan dipindah tugaskan ke Gramedia yang ada di kota Terdekat.

“Untuk nasib karyawan sendiri itu ada yang mendapatkan tawaran untuk dipindah tugaskan ke Gramedia yang ada di kota terdekat,itu alternatifnya”Ujar pria yang akrab disapa Wanto ini kepada metrokaltara.com. Minggu (29/03/2015).

Meski demikian lanjut Wanto,apabila nanti terdapat kesulitan antara wartawan dan pihak perusahaan maka manajemen Gramedia kan menyelesaikannya sesuai dengan peraturan yang berlaku.Ketika ditanya apakah nantinya akan ada PHK bagi karyawan jika Gramedia ditutup,dengan lugas Wanto menjawab itu akan menjadi alternative terakhir.

“PHK itu menjadi alternative terakhir,sementara ini kemungkinan akan dipindah tugaskan ke kota Terdekat yang ada Gramdianya,”tandasnya.

Seperti diketahui pihak manajemen dari Gramedia Tarakan terus berupaya untuk mempertahankan agar Gramedia jangan sampai tutup.Bahkan mereka pun sudah bertemu langsung dengan Walikota Tarakan Ir.Sofian Raga untuk mendiskusikan persoalan ini.

Sementara itu ditemui terpisah Walikota Tarakan Ir.Sofian Raga,M.Si sangat menyayangkan jika Toko Buku Gramedia sampai tutup, menurutnya persoalan yang tengah dihadapi oleh pihak Gramedia saat ini murni urusan bisnis dengan pihak PT. Gusher Tarakan selaku pengelola Grand Tarakan Mall (GTM).

“Sudah 8 tahun Gramedia berada di Tarakan, keberadaannya sangat membantu warga Tarakan dan Kalimantan Utara pada umumnya.Sangat sayang jika ini harus tutup.” Jelas Sofian Raga.

Perlu diketahui, Toko buku yang berada didalam naungan PT. Gramedia Asri Media (Kompas Gramedia Group) berakhir pada 30 Maret 2015, selanjutnya per 1 April 2015 secara teknis Toko Buku Gramedia tidak melakukan operasional (tutup,red), hal ini dikarenakan pihak pengelola GTM melakukan pemadaman aliran listrik, Air Conditioning (AC) dan Air bersih diruangan yang disewa oleh Pihak Gramedia.

penyebab Toko Buku Gramedia tutup, dikarenakan pihak Gramedia belum melakukan pembayaran piutang sewa yang terpending sejak tahun 2011 sampai saat ini. Namun pihak Gramedia mempunyai alasan kenapa tidak melakukan pembayaran tersebut. Hal itu dikarenakan pembayarannya tidak melalui rekening PT. Gusher Tarakan selaku pengelola GTM, melainkan melalui rekening pribadi Direktur PT.Gusher Tarakan. Ini sesuai surat dari PT Gusher Tarakan tertanggal 26 Maret 2015, dengan nomor surat : 021/GTM/MKT/III/2015. (Abe)

tags:

Related For Jika Gramedia Tutup,Bagaimana Nasib Karyawannya?