Jonatan Christie Juara Australia Open Usai Menangi Perang Saudara

Minggu, Juni 9th 2019. | Olahraga

Jakarta: Indonesia memastikan satu gelar Australia Open 2019 setelah Jonatan Christie meraih juara. Jojo–sapaan Jonatan, memenangi ‘perang saudara’ melawan Anthony Sinisuka Ginting di final, Minggu 9 Juni.

Jonatan Christie

Jojo melaju ke final usai mengalahkan Chou Tien Chen asal Taiwan, Sabtu 8 Juni kemarin. Unggulan pertama itu dikalahkan Jojo lewat pertarungan tiga game 22-20, 13-21, dan 21-16.

Sedangkan Ginting memastikan tempat di final setelah mengatasi Wang Tzu Wei. Lawan yang juga asal Taiwan itu dikalahkan Ginting 21-17 dan 21-14 pada turnamen BWF World Super Tour 300.

Jojo akhirnya berhasil menyegel juara setelah mengalahkan Ginting yang menjadi rekannya di Pelatnas PBSI. Ia mampu menyudahi perlawanan sengit Ginting dengan pertarungan tiga game 21-17, 13-21, dan 21-14.

Tunggal putra peringkat delapan dunia itu mampu mengawali pertandingan di Sydney Olympic Park dengan baik. Jojo sempat unggul 6-0 dari Ginting dan mempertahankan keunggulan 11-6 di interval.

Jojo kembali dua kali unggul jauh 14-8 dan 18-12 dari Ginting. Ia pun akhirnya menutup game pertama dengan kemenangan 21-17 atas tunggal putra unggulan ketujuh tersebut.

Jojo sempat mendapatkan momentum juara ketika kembali unggul 7-3 di game kedua. Namun, Ginting yang tak ingin menyerah begitu saja bangkit dan berbalik unggul 11-9 di interval.

Usai itu, Ginting langsung tancap gas dengan unggul 14-9 atas Jojo. Meski sempat dikejar 12-14, namun Ginting berhasil keluar sebagai pemenang di game kedua dengan skor 21-13.

Pertarungan sengit terjadi di awal game ketiga, di mana keduanya saling berbalas angka. Namun, Jojo mampu memanfaatkan kelengahan Ginting dan meninggalkan rekannya itu dengan 15-8.

Momentum kemenangan Jojo sempat kembali terancam setelah Ginting mengejar skor menjadi 14-17. Namun, empat angka beruntun yang didapatkan Jojo sukses membuatnya menyegel gelar juara dengan skor akhir 21-14.

Kemenangan ini sekaligus membuat Jojo memimpin rekor pertemuan dari Ginting. Kini, Jojo sementara mengantongi tiga kemenangan dari Ginting yang baru dua kali menang dari rekannya tersebut.

Indonesia sebenarnya berpeluang membawa dua gelar juara dari Austalia Open 2019. Sayang, finalis lainnya yakni Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti kalah di sektor ganda campuran dari Wang Yilyu/Huang Dongping asal Jepang dengan 15-21 dan 8-21. (medcom)

tags: , ,

Related For Jonatan Christie Juara Australia Open Usai Menangi Perang Saudara