Gambar-Gif

JUSUF SK PUNYA PROGRAM KALTARA SETARA

Saturday, November 7th 2015. | Headline, Kaltara, Politik, Tarakan
- wisata-kaltara -

Calon Gubernur Nomor Urut I Sampaikan 18 Poin dalam Debat Kandidat Pertama

Ribuan mata di Hotel Tarakan Plaza turut menyaksikan program Kaltara Setara 2045 yang disampaikan dr. Jusuf SK.

Ribuan mata di Hotel Tarakan Plaza turut menyaksikan program Kaltara Setara 2045 yang disampaikan dr. Jusuf SK.

Tarakan, MK – Tahapan debat kandidat calon gubernur Provinsi Kaltara yang digelar di Hotel Tarakan Plaza, Sabtu malam (7/11), menyita banyak perhatian masyarakat di provinsi ke 34 ini. Hal itu tentu tak disia-siakan oleh dua calon gubernur menyampaikan visi-misinya seperti dr. Jusuf SK yang menonjolkan program Kaltara Setara 2045.

Bahkan, dalam rangkuman debat kandidat tahap pertama yang digelar KPU Kaltara ada 18 poin disampaikan dr. Jusuf SK. Apa saja 18 poin tersebut, berikut pemaparannya :

  1. Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) lahir dari kehendak rakyat. Sebagai Provinsi termuda, provinsi ke-34, Kaltara terbentuk pada 25 Oktober 2012 berdasarkan UU Nomor 20 Tahun 2012.
  2. Perjuangan panjang dalam proses kelahirannya merupakan hasil perjuangan bersama. Setiap pribadi manusia Kaltara yang berpikir, berkehendak dan bergerak telah memberikan kontribusinya masing-masing bagi kelahiran Provinsi Kaltara. Kaltara adalah hasil perjuangan dan kebersamaan kita.
  3. Tiga tahun masa transisi telah kita lalui. Tiga tahun telah menyadarkan kita akan arti penting kepemimpinan yang memiliki legitimasi dan mandate yang kuat serta pemerintahan efektif, bersih dan berpretasi.
  4. Kita tahu, kekayaan alam di Kaltara melimpah, namun kita juga melihat kenyataan yang serba kurang dalam kehidupan masyarakat. Kaltara tidak bisa dikatakan sebagai provinsi tertinggal, belum bisa dibandingkan dengan provinsi lainnya di Indonesia, karena pembangunan Kaltara sesungguhnya belum lagi dimulai, namun Pembangunan Kaltara yang sesungguhnya akan segera dimulai, dengan kecepatan yang tinggi, dampak positif yang besar bagi kesejahteraan rakyat dan prestasi-prestasi yang membanggakan kita bersama, Insha Allah.
  5. Sejatinya, tak ada prestasi atau keberhasilan apapun yang bisa dicapai oleh kita seorang diri. Kaltara yang lahir dengan mandate untuk menjaga Marwah NKRI, meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan melakukan percepatan pembangunan, terutama didaerah perbatasan, mustahil bisa dikerjakan oleh hanya segelintir orang. Kebersamaan adalah kata kuncinya. Bersama kita lahirkan, dan mari bersama pula kita bangun Kaltara.
  6. Namun kebersamaan tidak akan hadir begitu saja. Kebersamaan mesti datang dari kesadaran bahwa kita saling membutuhkan, kita menghargai perbedaan, hidup harmonis dengan yang lain, yang berbeda namun memiliki harapan dan visi yang sama untuk diperjuangkan. Kesadaran tentang jati diri; siapa kita, pemahaman terhadap situasi; dimana kita (ruang dan waktu) serta kemampuan untuk mengenali dan mengembangkan potensi yang kita miliki menjadi syarat mutlak bagi Kaltara untuk bisa maju, bisa sejahtera dan bisa setara.
  7. Provinsi Kaltara memiliki semua syarat untuk menjadi provinsi yang maju, sejatera dan setara. Yang perlu kita lakukan adalah memahami secara cermat dan mendalam akan karakteristik manusia, masyarakat, potensi sumberdaya alam dan peta bumi Kaltara yang menyimpan beragam kekayaan. Dari Pemahaman inilah kita akan merumuskan visi, misi dan program Provinsi Kaltara.
  8. Visi kita adalah KALTARA SETARA 2045. Kaltara akan menyongsong 100 tahun Indonesia Merdeka dengan kesetaraan, dengan prestasi pembangunan, kemajuan, tingkat kesejahteraan masyarakat yang membanggakan. Mengapa 2045? Karena hal-hal besar membutuhan waktu yang cukup untuk bisa dicapai. Dalam demokrasi electoral, kita terjebak dengan cara pandang ultra-miopic, cara pandang yang sangat terbatas, hanya mampu melihat yang dekat, yang didepan mata. Angka 2045 menandai rentang waktu yang jelas dan cukup untuk mewujudkan Kaltara Setara.
  9. Visi besar ini akan dijabarkan dalam rencana pembangunan jangka menengah, per-dekade (10 tahun) kemudian diurai secara lebih detil secara periodic per 5 tahun masa jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kaltara dari 2015-2045.
  10. Kita akan bekerja keras, bekerja cerdas dan bekerja ikhas untuk membangun Kaltara sehingga menjadi setara dengan Provinsi Induk (Kalimantan Timur), menjadi setara dengan termaju di Indonesia, Provinsi DKI, bahkan menjadi setara dengan wilayah yang paling maju dikawasan perbatasan 4 negeri (BIMP-EAGA).
  11. Misi pembagunan untuk mewujudkan Kaltara Setara terdiri atas 7 pencapaian (sapta juang) yang akan dicapai secara bertahap. Pada 10 tahun pertama, pembangunan diarahkan untuk mewujudkan fondasi yang kuat bagi pertumbuhan ekonomi Provinsi Kaltara dan kesejahteraan masyarakat; membangun infrastruktur dasar (jalan, jembatan, air bersih, listrik dan telekomunikasi) menjadi keharusan utama. Pendidikan dan kesehatan merupakan prioritas terpenting untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Tanpa masyarakat yang cerdas dan sehat, tidak ada artinya pembangunan yang kita lakukan. Pembanguna Manusia tetap yang paling utama. Kita harus memastikan, tidak ada lagi anak-anak kita yang tidak bisa bersekolah karena ketiadaan biaya, ketiadaan guru, apalagi tidak adanya sekolah yang bisa dia masuki dan merimanya dengan baik.
  12. Untuk menjaga kedaulatan dan meningkatkan marwah NKRI diperbatasan, akan dilakukan percepatan pembangunan. Sejalan dengan kepentingan nasional, Sebatik akan segera mejadi kotamadya. Akan pembangunan yang hebat di wilayah Krayan, Kabupaten Nunukan.
  13. Jangka menengah, kita juga akan membangun industry maritime. Kaltara memiliki pulau-pulau, pantai dan sumberdaya laut yang kaya. Selain itu, kita akan mengkonversi lokasi-lokasi wisata yang potensial menjadi destinasi pariwisata yang menarik.
  14. Kota Tarakan akan terus kita kembangkan menjadi kota jasa, perdagangan dan industri yang semakin besar. Bersama Kota Tarakan, Tanjung Selor sebagai pusat pemerintahan Provinsi Kaltara akan kita kembangkan menjadi kota cerdas, sebuah kota yang menggunakan teknologi digital untuk meningkatkan performa dan kinerja pemerintahan serta kesejahteraan warganya.
  15. Dengan UU Nomer 2 Tahun 2015 tentang Pemerintahan Daerah, dimana kewenangan Pemerintahan Provinsi Kaltara akan lebih besar, maka kita akan lebih bersungguh-sungguh untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance). Desain kelembagaan akan terus diperbaiki, rekrutmen aparat harus dilakukan dengan benar, tranparan dan adil. Capacity building aparatur agar makin professional merupakan sebuah keharusan. Komitmen anti korupsi harus menjadi menjadi komitmen bersama untuk menegakkan integritas aparatur pemerintahan. Sinergitas antar pemerintahan provinsi dan kabupaten kota akan terus diperbaiki, dan ditingkatkan.
  16. Dalam persoalan lingkungan hidup, provinsi Kaltara lebih beruntung dibanding provinsi lain yang telah mengalami ekploitasi sumberdaya alam secara berlebihan sehingga menyebabkan kerusakan lingkungan dan kesengsaraan masyarakatnya. Lingkungan yang masih terjaga inilah yang merupakan modal penting bagi Provinsi Kaltara. Kita akan memastikan pembangunan yang berjalan tetap memperhatikan keseimbangan antara aspek ekonomi, mamfaat bagi masyarakat, aspek budaya dan daya dukung lingkungan sebagai prinsip dasar pembangunan lestari (suistainability development).
  17. Semua hal diatas tentu saja hanya bisa kita lakukan dalam situasi yang damai, kehidupan sosial budaya yang harmonis dan penuh toleransi. Masyarakat Kaltara adalah masyarakat yang heterogen, plural bahkan multi-cultural. Inilah kekayaan sesungguhnya dari Provinsi Kaltara. Hidup yang layak harus kita bela, hidup bersama kita jaga.
  18. Akhir kata, saya ingin menyampaikan bahwa Menjadi Setara Bukan Mimpi, tapi merupakan kenyataan yang bisa kita wujudkan, merupakan hak kita sebagai bangsa yang merdeka, hidup di bumi Kaltara yang penuh dengan Rahmat dari Allah SWT. BUMI KALTARA YANG KAYA ADALAH RAHMAT, TUGAS KITA SEMUA UNTUK MEMASTIKANNYA AGAR RAHMAT INI TIDAK MENJADI LAKNAT, NAMUN HARUS MENJADI BERKAT BAGI KITA SEMUA, BAGI SEGENAP MASYARAKAT KALTARA.
Ratusan Sahabat Pejuang SATUKAN hall pertemuan Hotel Tarakan Plaza.

Ratusan Sahabat Pejuang SATUKAN hall pertemuan Hotel Tarakan Plaza.

Kota Tarakan, 7 November 2015

H. dr. Jusuf SK

Related For JUSUF SK PUNYA PROGRAM KALTARA SETARA