Kabaharkam Akan Penuhi Personel Bhabinkamtibmas di Kaltara

Sabtu, Agustus 24th 2019. | Headline, Tanjung Selor

Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Baharkam) Polri Komjen Pol Drs Condro Kirono saat yang menyambangi Polda Kaltara dan bersalaman dengan Dirbinmas Polda Kaltara Kombes Pol Moh Yamin Sumitra.

TANJUNG SELOR, MK – Keberadaan anggota Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) di suatu Desa sangatlah penting. Bagaimana tidak, Bhabinkamtibmas  adalah petugas Polri yang bertugas di tingkat desa yang menjadi teladan dan pelindung masyarakat di tingkat masyarakat terkecil.

Di Kaltara sendiri, Bhabinkamtibmas sudah tersebar dibeberapa desa disetiap kabupaten/kota. Akan tetapi, di Kaltara belum semua desa terbekap oleh Bhabinkamtibmas.

Hal itu diungkapkan Direktur Binmas Polda Kaltara Kombes Pol Moh Yamin Sumitra bahwa dalam satu desa setidaknya ada satu anggota Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas). Namun di Kaltara belum semua desa terbekap oleh Bhabinkamtibmas.

“Terkadang satu anggota Bhabinkamtibmas bisa membekap satu hingga beberapa desa. Sehingga perlu adanya penambahan personel agar setiap desa ada. Kita masih kekurangan anggota Bhabinkamtibmas, jumlahnya ratusan yang belum terpenuhi disetiap wilayah,” ujarnya belum lama ini.

ia mengaku, wilayah yang sangat minim anggota Bhabinkamtibmas itu ada di Kabupaten Malinau, Kabupaten Nunukan dan Kabupaten Bulungan yang digabung dengan Kabupaten Tana Tidung (KTT). Yang hanya mencapai puluhan anggota sehingga pembagian setiap desa belum merata.

Sementara desa yang harus dibekap se-Kaltara sebanyak 447 desa terbagi atas Bulungan ada 74 desa dan 7 kelurahan. Malinau ada 109 desa, Nunukan ada 232 desa dan 8 kelurahan dan KTT ada 32 desa.

“Yang lengkap itu baru Tarakan, kelurahannya ada 20 da jumlah personelnya juga ada 20 orang. Sedangkan Bulungan itu ada satu anggota mengawasi 3 sampai 4 desa binaan,” sebutnya.

Fungsi Bhabinkamtibmas di desa, kata dia, sebagai ujung tombak yang memiliki fungsi baik dari intelijen, sabhara dan lainnya. Yang banyak melaksanakan giat preemtif dan preventif, dia menginginkan setiap anggota Bhabinkamtibmas hadir ditengah masyarakat menjadi pemecah masalah.

“Jadi kita inginkan masyarakat itu taat hukum, norma, ketentuan dan peraturan yang berlaku. Kedua agar masyarakat ikut serta berpartisipasi mendukung Kamtibmas sesuai Pasal 30 UUD 1945 tentang Sishankamrata,” jelasnya.

Dirinya tetap optimis walaupun merasa kurang namun ada pengawasan dari kepala desa dan Babinsa dalam menjaga Kamtibmas.

Sementara itu Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Baharkam) Polri Komjen Pol Drs Condro Kirono menuturkan jika idealnya satu desa satu anggota Bhabinkamtibmas. Dia melihat selama ini belum terpenuhi, sehingga dia evaluasi semua kekurangan personel agar terpenuhi. Dia menuturkan jika jumlah keseluruhan anggota Bhabinkamtibmas di Indonesia ada 70.000 personel.

“Kita minta Kapolda dan Kapolres untuk bisa memberikan penguatan. Dimana satu desa satu personel,” terangnya. (as)

tags: , ,

Related For Kabaharkam Akan Penuhi Personel Bhabinkamtibmas di Kaltara