Kabar 7 Tentara China Bersenjata Lengkap Berkeliaran di Bulungan ‘Hoaks’

Kamis, April 25th 2019. | Headline, Tanjung Selor

Direktur Kriminal Khusus (Dirkrimsus) Polda Kaltara Kombes Pol Helmi Kwarta Kusuma Putra

TANJUNG SELOR, MK – Kabar masuknya 7 tentara asing asal China yang ramai diperbincangkan di media sosial (medsos) Facebook adalah hoaks (bohong). Dari hasil penelusuran,  terdapat 6 pelajar asal China yang hendak melakukan penelitian terkait proses pengambilan dan pencarian Kayu Gaharu yang berlokasi di Kilometer (KM) 12, Desa Gunung Sari, Kecamatan Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan.

Kepada Metro Kaltara Dirkrimsus Polda Kaltara Kombes Pol Helmi Kwarta Kusuma Putra menjelaskan bahwa sehubungan dengan berita di medsos yang menyebut ada 7 tentara China yang bersenjata lengkap di daerah KM 12 tidak benar. Hal itu dipastikan setelah personil Krimsus turun langsung melakukan penyelidikan semua yang berhubungan dengan kejadian tersebut .

“Sudah dilakukan pemeriksaan. Dari hasil pemeriksaan ditemukan fakta sebagai  berikut bahwa memang ada kunjungan ke sana pelajar dari  China kemudian melakukan penelitian terhadap tanaman Gaharu. Yang antar sudah kita periksa, termasuk orang-orang yang bisa menjelaskan fakta yang sebenarnya di TKP,” ujarnya, Kamis (25/4)

“Tidak ada tentara, bukan tentara dan ngga ada senjatanya jadi bohong kalau kemudian di medsos mengatakan ada tentara China lengkap dengan senjata. Berita itu bohong, membuat resah. Itu barang seolah-olah disini ngga ada polisi ngga ada tentara,” sambungnya.

Lebih lanjut ia mengungkapkan berdasarkan alat bukti yang ditemukan oleh personil Krimsus maka perkara tersebut akan ditindaklanjuti ke penyidikan. Diakuinya, personil Krimsus telah melakukan pemeriksaan terhadap 9 saksi.

“Nah siapa-siapa yang kemudian menjadi bagian, menyebarkan berita bohong ini ya siap-siap saja. Karena dari awal saya sudah sampaikan bahwa siapa-siapa yang berani bermain, coba-coba menyebarkan berita bohong atau hoaks maka siap-siap berhadapan dengan Cyber Krimsus. Siapapun dia ya, karena ketika dia menyebarkan berita bohong yang bisa membuat resah maka dia berhadapan dengan aturan yang berlaku,” tegasnya

Untuk pelaku penyebar berita bohong ini akan diancam pasal berlapis yakni Pasal 45 ayat 1 juncto Pasal 28 ayat 1 Undang-Undang (UU) Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang ITE. Dan Pasal 14 ayat 1 dan 2 UU nomor 1 tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana, dan Pasal 15 tentang Peraturan Hukum Pidana. (as)

tags: , ,

Related For Kabar 7 Tentara China Bersenjata Lengkap Berkeliaran di Bulungan ‘Hoaks’