wisata-kaltara

Kaltara Kedatangan Ribuan Prajurit Muda

Wednesday, November 23rd 2016. | Headline, Tarakan
fullsizerender3

Komandan Jenderal Akademi TNI: Letjen TNI Bayu Purwiyono

Tarakan, MK – Sebanyak 1200 taruna muda akan tiba di Kalimantan Utara pada pertengahan tahun depan. Nantinya prajurit  yang tergabung dalam Taruna/Taruni, Intitut Pemuda Dalam Negeri (IPDN) dan Kepolisian akan melakukan kegiatan sosial dengan masyarakat selama kurang lebih satu bulan.

Komandan Jenderal Akademi TNI Letjen TNI Bayu Purwiyono menjelaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan kegiatan Latihan Integrasi Taruna Wreda (Latsitarda), dimana daerah yang dipilih adalah Kalimantan Utara untuk pertama kali.

“Ada tiga propinsi yang belum melaksanakan yaitu Kaltara, Sulselbar dan Bali. Kita ambil Kaltara karena kita lihat faktor kesulitannya dengan perbatasannya sehingga mudah-mudahan memberikan pelajaran dan imformasi kepada masyarakat bagaimana melaksanakan dengan baik, apa yang bisa dikelola dari situ” ujarnya kepada Metro Kaltara, Rabu (23/11)

Ia mengungkapkan selama taruna muda tersebut berada di Kalimantan Utara, mereka akan melakukan kegiatan-kegiatan yang bersifat social. Bahkan mereka juga akan tinggal bersama  masyarakat setempat selama kurang lebih satu bulan, tujuannnya adalah mendekatkan diri kepada masyarakat.

“Mereka difokuskan dipertanian, konstruksi atau membantu pekerjaan, perbaikan Mushollah dan sebagainya. Intinya mereka harus kenal dengan masyarakat dan tahu bagaimana sih kehidupan dimasyarakat itu sehingga mereka mempunyai sesuatu rencana bagaimana membantu mereka disekitarnya” ungkapnya

“Fullnya tiga minggu dengan perjalanan menjadi satu bulan sejak mereka berangkat dari Semarang, Jawa Tengah. Mereka tiba disini sekitar bulan April 2017” tambahnya

Untuk diketahui bahwa kegiatan Latihan Integrasi Taruna Wreda (Latsitarda), pembukaannya dilakukan di Kota Tarakan. Setelah itu para prajurit yang sudah dibagi dalam kelompok masing-masing akan disebar menuju Daerah Kabupatan/Kota sesuai penempatan yang ada. (ars)

 

tags: ,

Related For Kaltara Kedatangan Ribuan Prajurit Muda