Kantor BPN Tarakan Rencana Bangun Gedung Baru

Monday, February 18th 2019. | Citizen Journalism, Headline, Parlementaria, Tarakan

TARAKAN, MK Meski sudah bertempat sejak 2003 di Gedung Gabungan Dinas-dinas (Gadis), Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) rencananya akan berpindah tempat. Setelah, mendapatkan tanah iba dari Pemerintah Daerah (Pemda).

Menurut Kepala BPN Tarakan, Timbul Tunggul Hamonangan Simanjuntak membenarkan jika pihaknya sudah mendapatkan hibah tanah dari pemda seluas 3.750 m3. Dan sementara ini pihaknya sudah menindak lanjuti hibah tersebut.

“Nantinya akan kami hubungkan di tahun anggaran 2020 agar bisa dibangun kantor BPN Tarakan. Setidaknya bisa mempermudah lagi layanan kepada masyarakat,” bebernya.

Menurutnya, gedung yang ditempati BPN sekarangnya, sepertinya sudah tidak memadahi lagi, hal itu disebabkan hampir gedung gadis ini dengan warkah, ditambah lagi adanya berkas sebanyak 20 ribu lebih dan puluhan pegawai BPN, yang menurutnya hal itu sudah sangat tidak memadahi.

“Ruangan Kantor Kepala saja sudah bergabung dengan staff, tapi hal itu menurut sayua tidak apa-apa, karena demi melayani masyarakat bisa berjalan dengan baik,” ungkapnya.

Sementara itu Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Nihayatul Wafiroh dalam kunjungannya ke Tarakan beberapa waktu lalu juga mengaku sudah menerima laporan, terkait kondisi kantor BPN di Tarakan yang hampir tidak memiliki kantor arsip.

“Saya belum tahu di Kaltara ini sudah punya lemari yang anti api dan anti air atau tidak. Padahal lemari ini penting sekali, untuk menjaga dokumen dan arsip penting punya masyrakat. Sekali dokumen itu rusak atau hilang, berarti akan menimbulkan masalah nantinya,” ungkapnya.

Ia pun sudah berkomitment untuk menyetujui berapapun anggaran yang diusulkan, namun ia mengaku tidak mengetahui berapa usulan nilai anggaran di Kaltara dan apakah anggaran untuk Kaltara sudah masuk atau belum.

“Saya melihat Tarakan ini menjadi kota sentral di Kaltara. Tapi, BPN Tarakan belum punya kantor. Saya akan bantu untuk mendiskusikan BPN di Tarakan bisa punya kantor,” bebernya.

Sebagai mitra kerja BPN, ia akan memberikan suportnya agar seluruh yang berkaitan dengan penerbitan sertifikat tanah bisa berjalan dengan baik.

“Saya akan bicara langsung dengan Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) BPN untuk mengupayakan anggaran pembangunan kantor BPN di Tarakan,” tutupnya.(arz27)

tags: ,

Related For Kantor BPN Tarakan Rencana Bangun Gedung Baru