Kapal Asing Nyaris Dibajak di Perairan Indonesia

Senin, November 14th 2016. | Headline, Tarakan

 

fullsizerender3

Kapal M/T Southern Falcon yang nyaris dibajak perompak

Tarakan, MK – Sebuah Kapal Asing yang diduga berbendera Panama nyaris dibajak oleh kawanan perompak di perairan Sabah, Malaysia menuju Indonesia. Beruntung Kapal dengan nama M/T Southern Falcon yang berangkat dari perairan Filipina menuju GresiK, Jawa Timur berhasil selamat setelah ABK Kapal melakukan perlawanan terhadap kawanan perompak.

Imformasi itu diketahui melalui Digital Selektif Calling (DSC) Navigasi kemudian dilanjutkan ke Kantor Kesyabandaran Otoritas dan Pelabuhan (KSOP) Tarakan yang selanjutnya melakukan koordinasi dengan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal XIII) Tarakan.

“Kemarin sekitar pukul 17.00 Wita kami menerima laporan bahwa ada kapal berbendera asing bernama M.T Southern Falcon dari perairan Filipina menuju Perairan Indonesia. Kapal itu mengalami pembajakan di Perairan Sabah, Malaysia atau kurang lebih 159,2 mil dari Tarakan pada hari Sabtu” ujar Syahruddin, Komandan Patroli KSOP Tarakan kepada Metro Kaltara, Senin (14/11)

“Sehingga begitu kami dapat imformasi yang dikirim DSC, kami langsung berkoordinasi kepada Lantamal XIII Tarakan untuk mencari kebenaran serta  mempersiapkan upaya bagaimana tindakan penyelamatan jika memang awak kapal asing ini dibajak sampai ke Perairan Indonesia” ungkapnya

Beruntung kapal  Tenker  yang memuat kurang lebih 20 Anak Buah Kapal (ABK) berhasil selamat dari pembajakan kawanan para perompak sehingga Kapal yang bertolak menuju Gresik tersebut bisa berlayar kembali.  Diduga ABK Kapal melakukan perlawanan saat para perompak ingin naik diatas kapal. Selain itu, lambung bebas kapal yang cukup tinggi juga menjadi salah satu penyebab perompak sulit untuk naik ke Kapal.

“Pukul 05.40 Wita pagi tadi kami menerima laporan bahwa M/T Southern Falcon selamat dari percobaan perompakan. Kapal tersebut berhasil lolos dari pembajakan setelah awak kapal berusaha untuk melawan perompak atau pembajak yang belum diketahui dari kelompok. Kita juga belum tahu apakah diatas kapal itu ada warga Indonesia” tambahnya (ars)

 

tags: , ,

Related For Kapal Asing Nyaris Dibajak di Perairan Indonesia