wisata-kaltara

Kapal Lintas Negara Diamankan Petugas

Friday, January 20th 2017. | Headline, Tarakan

Tampak KM Sejahtera diamankan di Pelabuhan Malundung

Tarakan, MK – Lantaran Tak memiliki dokumen resmi, Kapal KM Sejahtera pengangkut barang sembako asal Tawau (Malaysia) diamankan Petugas Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean B Tarakan di Perairan Tias, Kabupaten Bulungan pada Kamis (19/01) sekitar pukul 16.00 Wita.

Pelaksana Tugas (PLT) Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Imformasi Bea dan Cukai Tarakan, Rommy Haryadi mengatakan kapal tersebut diamankan saat tim dari Bea dan Cukai melakukan patroli disekitar perairan Tarakan.

“Pada saat Patroli kami juga mendapatkan imformasi bahwa akan ada kapal yang membawa barang larangan pembatasan (lartas). Kemudian sekitar pukul 06.00 Wita kapal yang dimaksud terlihat dan dilakukan pengejaran,” ujarnya kepada Metro Kaltara, Jumat (20/01)

Ia menjelaskan kapal tersebut berhasil dicegat disekitar perairan  Muara Tias, Kabupaten Bulungan dan langsung diamankan Kapal  beserta Anak Buah Kapal (ABK) dan Nahkoda. Selanjutnya kapal asal Tawau (Malaysia) tujuan Tanjung Selor dilakukan pemeriksaan terhadap juragan dan barang-barangnya.

“Begitu dilakukan pemeriksaan, akhirnya ditemukan gula, tabung gas, mainan anak-anak, beras hingga minuman. Dari pengakuan Nahkoda barang tersebut berasal dari Tawau kemudian menuju Sungai Nyamuk dan langsung ke Tanjung Selor,” jelasnya.

Ia menambahkan selain tidak memiliki dokumen resmi, kapal tersebut juga mengangkut barang yang dilarang diperdagangkan didaerah selain diperbatasan. Dan saat ini kapal KM Sejahtera telah diamankan di Pelabuhan Malundung.

“Jumlah orang yang ada diatas kapal 10 orang, 8 diantaranya ABK Kapal, kemudian Nahkoda kapal dan satu penumpang. Sementara ini, yang dilakukan pemeriksaan hanya nahkoda kapal berinisial (AU), yang lainnya masih sebatas saksi,” tambahnya (ars)

 

Related For Kapal Lintas Negara Diamankan Petugas