Karang Taruna Harus Responsif

Senin, Desember 30th 2019. | Advertorial, Kaltara

Gubernur Kaltara, Dr H Irianto Lambrie saat menghadiri BBKT di Nunukan dan Bulungan, Minggu (29/12).

NUNUKAN – Para pemuda yang tergabung dalam karang taruna, diharapkan dapat memiliki kepekaan serta respons yang baik terhadap perkembangan zaman. Ini diperlukan, mengingat mulai 2020, beragam tekanan dan masalah dengan tingkat kerumitan yang berbeda akan menghinggapi kehidupan berbangsa dan bernegara. Demikian disampaikan Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Dr H Irianto Lambrie saat membuka Bulan Bhakti Karang Taruna (BBKT) se-Kabupaten Nunukan Tahun 2019 di Lapangan Makodim 0911, Desa Binusan, Nunukan, Minggu (29/12) siang.

Gubernur menilai, tak hanya peka dan responsif, karang taruna juga harus memiliki inovasi dan kreativitas untuk bergerak cepat dalam membantu kemajuan daerah, khususnya Provinsi Kaltara. “Kita harus mau belajar, untuk cepat maju. Utamanya, dalam cara berpikir dan bertindak. Tak ada kata malas, karena pada 2020 adalah tahun yang menuntut kita untuk bekerja lebih keras. Tahun depan juga tahun bagi kita untuk berakselerasi dalam melakukan percepatan. Dengan percepatan yang mapan, maka kita akan memiliki daya saing yang tinggi sehingga sulit dikalahkan,” ucap Irianto.

Sebagai wadah berkumpulnya para pemuda, Gubernur juga menegaskan bahwa karang taruna harus mampu mempelopori semangat kesetaraan gender. “Gunakan wadah yang ada ini, untuk tumbuh dewasa dan bertanggungjawab yang kuat. Sebab, hanya orang yang memiliki tanggung jawab yang kuat akan berhasil dalam kehidupannya. Lebih dari itu, gunakan wadah yang ada untuk membentuk networking, karena ini akan mendukung keberhasilan di masa depan,” tutur Gubernur.

Di kesempatan ini, Irianto juga turut melakukan penandatanganan sertifikat Bimtek Karang Taruna, penyerahan PKH kepada perwakilan warga di Nunukan, serta penyerahan Sertifikat Penghargaan Karang Taruna Menuju Mandiri kepada Karang Taruna Paguntaka.

Sebelumnya, Gubernur juga menghadiri acara senam sehat Bersama dalam rangkaian Bulan Bakti Karang Taruna yang diselenggarakan oleh Karang Taruna Kabupaten Bulungan di Lapangan Agatish, Minggu (29/12). “Saya sampaikan apresiasi kepada Karang Taruna, baik provinsi maupun kabupaten Bulungan yang telah menyelenggarakan kegiatan yang sangat baik ini,” kata Irianto. Karang Taruna, lanjutnya, memiliki peran besar dalam kehidupan bermasyarakat. Sebagai organisasi yang bergerak di bidang kesejahteraan sosial, Karang Taruna bersama Pemerintah  berperan dalam kesejahteraan masyarakat, utamanya generasi muda.

Di Bulungan, Irianto, selain menyerahkan secara simbolis beasiswa Kaltara Cerdas, juga menyerahkan bantuan untuk Karang Taruna Desa, serta beberapa bantuan sosial kepada perwakilan kelompok masyarakat penerimanya.(humas)

tags: ,

Related For Karang Taruna Harus Responsif