wisata-kaltara

Kemen PU-PR Serahkan MTU Kaltara

Monday, August 22nd 2016. | Ekonomi & Bisnis, Headline, Kaltara
IMG_20160822_103351

Gubernur Kaltara berfoto bersama dengan Dirjen PU-PR dan Staf

BULUNGAN, MK – Direktorat Jendral (Dirjen) Bina Konstruksi Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PU-PR) menyerahkan secara langsung Mobile Training Unit (MTU) kepada Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Irianto Lambrie  sekaligus meresmikan bangunan tersebut di kantor Dinas Pekerjaan Umum (DPU) dan Tata Ruang Provinsi Kaltara. pada Senin (22/8).

Dirjen Bina Konstruksi Kementrian PU-PR,Yosid Toyib mengatakan, MTU nantinya akan berkeliling untuk menjangkau desa-desa untuk memberikan pelatihan dan sertifikasi kompetensi, keterampilan konstruksi , bagi para masyarakat yang memang berlatar belakang pekerja konstruksi atau tukang bangunan, guna meningkatkan kualitas, efektifitas  dan efesiensi.

“MTU ini nantinya akan berkeliling dan dilengkapi dengan alat tukang batu, tukang besi, tukang bangunan dan tukang kayu, ini juga dapat mencapai pelosok-pelosok desa. jadi bukan orang desa pergi kesuatu tempat pelatihan, tapi kita menjemput bola untuk melatih mereka. itu konsep MTU” jelasnya saat ditemui usai acara serah terima.

lebih lanjut yosid mengungkapkan, salah satu target dari program ini sendiri adalah untuk memberdayakan masyarakat lokal, agar dapat turut serta berperan dalam membangun daerahnya. maka dari itu pelatihan akan dilakukan sebelum dilakukan uji kompetensi untuk mendapatkan sertifikat. sampai saat ini masih tersedia hanya satu unit MTU untuk setiap provinsi di indonesia. jika efektifitas dari mtu mencapai 75% maka, pihaknya akan melakukan penambahan. oleh karena itu Yosid berharap MTU di Kaltara nantinya akan dipergunakan sebaik mungkin untuk meningkatkan SDA yang ada di kaltara.

“Saya sudah janji sama pak gubernur, kalo seandainya alat ini di gunakan. katakanlah sampe 75 efektifitasnya, maka kita tambah” tutupnya.

Sementara itu, dalam sambutannya Irianto Lambrie mengungkapkan,  Kalimantan Utara sebagai provinsi baru akan banyak melakukan pembangunan. maka dari itu dengan adanya bantuan mtu dari Kementrian PU-PR ini akan sangat membantu. dengan harapan dukungan pelatihan tersebut akan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang ada di Kaltara khususnya bagi para pekerja konstruksi.

“Perhatian dari Kementrian PU-PR ini sudah sangat membantu. ini merupakan upaya pemerintah memperbaiki pelayanan pada masyarakat. kita berterimakasih, harapan saya di Kaltara dengan adanya dukungan dan pelatihan, kita dapat tingkatkan kualitas sumber daya manusianya”. Tutup Irianto.(DC/Rz)

.

tags:

Related For Kemen PU-PR Serahkan MTU Kaltara