wisata-kaltara

Kepiting Tarakan Diklaim Produksi Tawau

Friday, September 23rd 2016. | Ekonomi & Bisnis, Headline, Kaltara, Tarakan
img_7902

Gubernur Kaltara Irianto Lambrie Rapat Bersama dengan Kepala Bandara Juwata dan Beberapa Pengusaha Kepiting Tarakan

Tarakan, MK – Minimnya pengetahuan pengimpor kepiting seperti China, Hongkong dan Singapura tentang asal muasal kepiting yang mereka konsumsi berasal dari Tawau Malaysia, namun faktanya, semua kepiting yang sebelumnya masuk ke Tawau Malaysia dan di ekspor  ke China dan beberapa negara asia berasal dari Kota Tarakan.

Hal itu diungkapkan oleh Gubernur Kalimantan Utara, Irianto Lambrie bahwa selama ini negara seperti China, Hongkong, dan Singapura mengira kepiting yang di ekspor tersebebut asalnya dari Tawau Malaysia.

“Puluhan tahun kepiting kita itu diekspor, orang taunya itu kepiting berasal dari Malaysia bukan kepiting dari Tarakan. Di kira Malaysia yang menghasilkan kepiting padahal kita” Ujar Irianto saat melakukan rapat MoU dengan Pengusaha Kepiting di Bandara Juwata Tarakan, Jumat (23/09).

Bahkan Negara seperti China dan Hongkong melakukan penelusuran terkait asal muasal kepiting tersebut.

“Sampai pedagang dari China, Hongkong, atau dari Kuala Lumpur, Singapura pun  menelusuri. Dikira datang dari Singapura, Singapura bilang dari Tawau, kemudian tawau bilang dari Tarakan. Sehingga ahkirnya mereka langsung mencari ke Tarakan” tuturnya.

Olehnya itu Irianto berharap dengan adanya kegiatan ekspor hasil Perikanan Laut di Kaltara yang langsung Singapura, dapat memberikan dampak positif bagi nelayan maupun pengusaha di Kaltara.

“Ekspor sudah kita lakukan dan langsung ke Singapura, itu semua demi kesejateraan masyarakat terutama nelayan dan Pengusaha di Kaltara” harapnya.

Lebih lanjut Irianto menambahkan, persolannya adalah tingginya permintaan konsumen yang belum bisa di penuhi.

“Tapi kedepan kalau kita menej dengan bagus, agar permintaan bisa dipenuhi” tambahnya.(Ras/Rz)

tags:

Related For Kepiting Tarakan Diklaim Produksi Tawau