Gambar-Gif

Kesempatan Pelajar Kalbar, Kedubes Buka Peluang Belajar di AS

Tuesday, February 16th 2016. | Kalbar
- wisata-kaltara -
Duta Besar Amerika Serikat  untuk Indonesia, Robert Blake saat membuka perayaan HUT IV tahun Kampung Amerika di Universitas Tanjung Pura, Selasa (16/2).

Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Robert Blake saat membuka perayaan HUT IV tahun Kampung Amerika di Universitas Tanjung Pura, Selasa (16/2).

Pontianak, MK – Kesempatan tentunya bagi para pelajar Kalbar yang ingin mengenyam pendidikan di dunia international. Sebab, Duta Besar Amerika Serikat  untuk Indonesia, Robert Blake menyatakan negaranya membuka kesempatan seluas-luasnya untuk masyarakat Indonesia yang ingin belajar maupun melanjutkan pendidikan di negeri Paman Sam.

Banyak program studi maupun program beasiswa yang ditawarkan, termasuk program pertukaran pelajar yang kini masih dilakukan dengan pihak perguruan tinggi di Kalbar. “Kami memberikan kesempatan bersekolah di US dalam berbagai program. Baik program keguruan maupun sekedar berbagi informasi tentang US. Banyak sumber yang bisa anda pelajari tentang kami, lewat website ataupun disini, di American Corner Universitas Tanjung Pura. Anda dapat menanyakan apapun tentang Amerika,” jelasnya saat berkunjung ke perayaan HUT IV tahun Kampung Amerika di Universitas Tanjung Pura, Selasa (16/2).

Menurutnya, sangat penting bagi Indonesia mempelajari Bahasa Inggris karena menjadi bahasa pengantar dalam berkomunikasi dengan negara di dunia, termasuk bahasa perdagangan. Indonesia merupakan salah satu negara yang penting di mata dunia dalam ekonomi dan perdagangan, tentunya menjadi kebutuhan dan menjadi hal serius harus diperhatikan.

“Pada saat saya bertemu dengan Presiden Jokowi, saya sudah banyak ketemu menteri-menteri yang sebagian besar sangat mementingkan Bahasa Inggris di era globalisasi ini. Apalagi dengan ledakan media dan masuknya Indonesia dalam MEA, AS berharap Indonesia dapat bergabung dalam banyak partnership karena pengusaha-pengusaha internasional akan sangat membutuhkan Indonesia. Dan kesemua komunikasi ini, bahasa umumnya memakai Bahasa Inggris,” bebernya.

Keseriusan pemerintah AS bekerjasama dengan Indonesia ini, tambahnya, salah satunya dengan Perguruan Tinggi dari berbagai program.

Rektor Universitas Tanjung Pura, Thamrin Usman, DEA menyambut baik dukungan dan kerjasama yang sudah terjalin dengan kedutaan AS. Wujud kemitraan dengan Kedubes berupa Kampung Amerika yang didirikan 4 tahun lalu ini, merupakan kebanggaan bagi Untan. Selain menjadi yang terbaik se Indonesia, Amcor (American Corner) Untan sudah menjadi tempat transit bagi mahasiswa, dosen bahkan masyarakat umum untuk belajar ke AS ini.

Menurut Director of American Corner  Untan Stella Prencisca, pencapaian American Corner  Untan setelah memasuki usia empat tahun, hingga saat ini sudah lahir 3000 program. Diantaranya seminar dan diskusi yang menghadirkan pakar dari Amerika, pelatihan bahasa Inggris yang fokus kepada keterampilan berbicara baik untuk kalangan propesional dan jurnalis, human libery dan masih banyak lainnya.

“Selama ini kita juga telah banyak memberikan konsultasi tentang pendidikan di Amerika baik untuk program pertukaran pelajar, mahasiswa, dosen dan pendidikan lanjutan. Kita juga telah melakukan program kebudayaan misalnya pengenalan budaya Amerika yang bertujuan memotivasi agar mereka tertarik dan semangat untuk sekolah di sana,” tuturnya.

Sementara diungkapakan Stella, di tahun 2016 ini akan ada 5 orang yang akan berangkat ke Amerika yang difasilitasi oleh American Corner Untan. Lima orang tersebut terdiri 3 mahasiswa, 1 guru dan 1 dosen serta aka nada 5 orang lainnya yang sudah masuk nominasi yang akan berangkat ke negeri Paman Sam tersebut. Sementaran katanya untuk tahun- tahun sebelumnya juga telah banyak memberangkatkan orang Kalbar untuk studi atau melanjutkan pendidikan di Amerika melalui pihaknya. (Lyn/sti)

tags:

Related For Kesempatan Pelajar Kalbar, Kedubes Buka Peluang Belajar di AS