wisata-kaltara

Konstruksi Bakal Topang Pertumbuhan Ekonomi Kaltara

Saturday, August 25th 2018. | Advertorial, Kaltara

INFRASTRUKTUR STRATEGIS : Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie saat meninjau salah satu proyek infrastruktur strategis di Kaltara, beberapa waktu lalu.

TANJUNG SELOR, MK – Laju pertumbuhan ekonomi Kalimantan Utara (Kaltara) pada triwulan III 2018 diprediksi tumbuh 7,20 sampai 7,60 (yoy), berdasarkan hasil Kajian Ekonomi dan Keuangan Regional (KEKR) Kaltara.

Pertumbuhan itu bakal disumbangkan peningkatan kinerja lapangan usaha konstruksi. Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Kaltara Hendik Sudaryanto mengatakan, banyaknya proyek pengerjaan infrastruktur berpengaruh besar terhadap pertumbuhan ekonomi provinsi baru ini.

Dari lapangan usaha pertambangan, diprediksikan akan meningkatkan pula seiring permintaan batu bara di pasar ASEAN hingga India. Kenaikan produksi batu bara didukung kembali beroperasinya beberapa perusahaan batubara pasca membaiknya harga batu bara dunia.

Sektor investasi juga diperkirakan tumbuh membaik dengan didorong oleh peningkatan realisasi investasi bangunan dan non-bangunan baik yang dilakukan oleh pemerintah maupun swasta. “Secara kumulatif tahunan, ekonomi Kaltara 2018 akan kembali tumbuh lebih baik dibandingkan tahun lalu dengan range sebesar 6,70 hingga 7,10 persen (yoy). Penopang utamanya itu konstruksi proyek strategis dan infrastruktur,” kata Hendik.

Lapangan usaha pertanian dan transportasi juga akan memberi sumbangsih yang positif. Prospek pertumbuhan kelapa sawit, lanjutnya, akan lebih baik karena beroperasinya beberapa pabrik CPO. “Subsidi ongkos angkut dari APBN dan APBD juga memberi sumbangsih pertumbuhan ekonomi yang positif,” tutupnya.(humas)

Related For Konstruksi Bakal Topang Pertumbuhan Ekonomi Kaltara