Gambar-Gif

Korem Kaltara Dibentuk Tahun Depan

Wednesday, July 8th 2015. | Bulungan, Headline, Hukum & Kriminal, Kaltara
- wisata-kaltara -
Brigjen TNI Teguh Arief Indratmoko

Brigjen TNI Teguh Arief Indratmoko

Tanjung Selor, MK – Seiring berjalannya Pemerintahan Provinsi Kalimantan Utara, maka kelengkapan instansi teknis khususnya Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) di tangkat provinsi harus segera berdiri. Salah satunya Komando Resort Militer (Korem) akan dibentuk tahun depan.

Apalagi Korem Kaltara sangat dibutuhkan mengingat provinsi termuda di Indonesia ini merupakan wilayah perbatasan. Korem adalah komando pembinaan dan operasional kewilayahan TNI Angkatan Darat di bawah Kodam. Korem membawahi beberapa Komando Distrik Militer (Kodim).

Komandan Korem 091/Aji Suryanatakusuma (ASN), Brigjen TNI Teguh Arief Indratmoko disela-sela mengadakan Safari Ramadan beberapa hari lalu mengaku keseriusan pembentukan Korem di Kaltara masuk dalam RKA 2016. “Pembentukan Korem Kaltara sudah ada dalam rencana RKA tahun 2016,dan tinggal proses pelaksanaan. Bahkan pembentukan Korem Kaltara sendiri sudah mulai dianggarkan,” jelasnya kepada Metro Kaltara.

Anggaran pun bakal dialokasikan, tinggal menentukan lokasi karena cepat atau lambat Korem Kaltara tetap bakal terbentuk. Terkait lokasi atau penempatan Korem Kaltara sendiri, tergantung dari Pemerintah Provinsi Kaltara. “Pada umumnya penempatan Korem Kaltara tersebut berada di lokasi yang ada gubernur, kejaksaan hingga Polda. Maka besar kemungkinan Korem nanti di sini (Tanjung Selor) yang lokasinya nanti disiapkan penjabat gubernur,” bebernya.

Teguh mengungkapkan kendala teknis pembentukan korem masih terbentur soal lahan. Bila lahan atau lokasi sudah ada, maka anggaran nanti akan segera direalisasikan. Menyangkut kesiapan dalam pembentukan tersebut, diakui Teguh, untuk Surat Keputusan (SKep) dan organisasi telah siap. “TNI AD akan dibantu pemprov untuk penyediaan lahan. Sedangkan persiapan TNI AD sendiri jika sudah ada lahan bisa dikerjakan pembangunan korem,” imbuhnya.

“Memang sudah ada masukan dan pemecahan terkait pembentukan korem baru, wilayah perbatasan dengan negara tetangga jadi prioritas,” ungkapnya. (nto/sti)

.

tags:

Related For Korem Kaltara Dibentuk Tahun Depan