wisata-kaltara

KPU Malinau Masih Menunggu Enam Parpol Lagi

Tuesday, July 17th 2018. | Malinau, Politik
  • Hingga Pukul 18.00 wita, Baru 10 Partai Dari 16 yang Terdaftar.

PERIKSA BERKAS: Pelaksanaan pemeriksaan berkas yang dilakukan di KPU terkait dengan persyaratan calon dari partai yang sudah mendaftar ke KPU.

MALINAU, MK – Hingga pukul 18.00 Selasa (17/7) sore kemarin, sudah 10 partai politik (parpol) yang menyerahkan berkas dan mendaftarkan sebagai calon legislatif ke KPU Malinau. Yakni PKPI, Perindo, Gerindra, Nasdem, PBB, PPP, PDIP, PKB dan Golkar serta PAN.

“Sedangkan PSI itu berkasnya kami kembalikan karena belum memenuhi syarat di formulir B dan B-1. PAN juga sempat dikembalikan tapi sudah dilengkapi lagi,” terang ketua KPU Malinau, Drs. Gamaliel Hirung Ding M.Si kepada media ini saat ditemui media ini.

Dijelaskan Gamaliel, formulir B dan B-1 tersebut berisi persyaratan pencalonan partai politik yang ditandatangani oleh ketua dan sekrtaris partai politik. Untuk PSI, tandatangan ketua partai ditandatangani oleh sekretaris. Sehingga oleh KPU dinyatakan salah dan tidak sah. Sedangkan untuk dari PAN itu ada beberapa foto calon yang tidak dimasukkan dalam model B-1. Sedangkan menurut aturan, dalam formulir B-1 itu bahwa isinya harus ada nomor partai, nama partai, nomor urut calon, nama calon, foto calon dan alamat calon serta jenis kelamin calon.

“Nah, untuk PAN itu ada beberapa foto calonnya yang masih kosong kita kembalikan untuk dilengkapi lagi fotonya. Tapi PAN sudah kembalikan berkasnya pukul 16.00 dan masing dalam proses pemeriksaan di KPU,” ungkap Gamaliel Hirung Ding.

Untuk Partai Demokrat, kata Gamaliel, sudah mendaftarkan jamnya karena pada pagi hari kemarin ada beberapa dokumen yang masih belum di upload dan belum bisa di cetak.

“Kendalanya kami tidak tahu. Di KPU jaringan bagus, partai lain bisa ngeprint dan melakukan perbaikan data di KPU. Jadi, intinya lebih ke teknis mereka sendiri,” tuturnya.

Karena ada 16 partai yang terdaftar di Kabupaten Malinau dan baru mendaftar 10 partai, kata gamaliel, maka KPU masih menunggu 6 partai lagi yang belum mendaftar. Yaitu PKS, Demokrat, Garuda, Berkarya, Hanura dan PSI.

“Kami menunggu hingga pukul 12.00 malam nanti (malam tadi, Red) untuk partai-partai yang belum menyerahkan berkas pencalonannya. Namun pada pirnsipnya, semua partai memenuhi syarat. Hanya syarat pencalonan masing-masing calon saja yang masih kurang,” tukasnya.(WEN)

tags: , ,

Related For KPU Malinau Masih Menunggu Enam Parpol Lagi