Kuasa Hukum H Akui Kliennya Bagi-Bagi Uang

Jumat, Februari 8th 2019. | Headline, Kaltara, Tanjung Selor
Kuasa Hukum H, Syahrudin

TANJUNG SELOR, MK – Terduga kasus money politik H akhirnya memenuhi panggilan Unit Tipikor Satreskrim Polres Bulungan, Jumat (8/2/2019). H datang ke Mako Polres Bulungan didampingi kuasa hukumnya, Syahrudin. Calon Anggota DPD Provinsi Kaltara ini langsung diperiksa penyidik Unit Tipikor.

Ditemui usai pemeriksaan, Syahrudin mengaku kliennya sama sekali tidak melakukan money politik seperti yang di tuduhkan Bawaslu Kabupaten Tana Tidung (KTT). Menurutnya, bagi-bagi uang yang dilakukan oleh kliennya bukan bermaksud untuk mencari simpatisan, melainkan dibagi dalam bentuk saweran.

“Itu kan dibagi hanya spontan saja. Dan yang memungut uang itu sebenarnya hanyalah anak-anak kecil yang sedang berjoget. Clien kami juga memberikan uang, bukan karena unsur kampanye. Tapi hanya spontanitas atas permintaan dari MC dalam acara itu. Kata Mcnya, sawer donk pak. Makanya, clien saya ini langsung melemparkan uang kepada anak kecil yang sedang berjoget itu,” ujarnya kepada Metro Kaltara, saat mendampingi H mengklarifikasi atas tuduhan itu di kantor Unit Tipikor Sat Reskrim, Polres Bulungan, Jumat (8/2).

Syahrudin menegaskan, jika tindakan kliennya tersebut tetap dipermasalahkan. Dirinya meminta kepada Bawaslu menganalisasi permasalahan tersebut. Karena, menurut pengakuan H yang disampaikan kepada dirinya bahwa, selain kliennya juga terdapat beberapa orang yang juga merupakan peserta dalam pemilu dan melakukan hal yang sama.

“Bahkan, disitu juga (diatas panggung) ada seorang PNS. Ada juga wakil DPRD, yang juga sebagai peserta pemilu. Ini yang janggal kami rasa. Kenapa hanya clien kami yang dipermasalahkan. Padahal, apa yang dilakukan clien kami, sama juga yang dilakukan oleh orang yang ada di atas panggung itu. Bahkan, ada yang lebih banyak mengeluarkan uang,” tegasnya.

Lebih lanjut Syahrudin mengungkapkan, pihaknya memiliki barang bukti berupa video berdurasi sekitar 10 menit  jika yang menerima uang itu adalah anak kecil yang tidak memiliki hak suara. Bahkan, dalam video itu juga terlihat jelas bagi-bagi uang yang dilakukan oleh orang yang ada di atas panggung itu yang juga sebagian merupakan peserta pemilu.

“Kita juga punya alat bukti. Tapi itu nanti, akan kami keluarkan kalau prosesnya hingga ke tingkat penyidikan. Disitu jelas, kalau yang memungut uang itu, adalah kecil dan orang yang di atas panggung itu juga membagikan uang,” ungkapnya.

Hingga saat ini, untuk H sendiri masih dalam pemeriksaan pihak penyidikan sebagai seoarang saksi. H ini dilaporkan o Bawaslu, Kamis (31/1/2019) lalu  karena diduga telah melakukan pelanggaran pemilu sesuai dengan pasal 521 Jo pasal 280 ayat (1) huruf J UU nomor 7 tahun 2017 tentang pemilu. H juga memenuhi panggilan dari penyidik Sat Reskrim Polres Bulungan untuk mengklarifikasi atas tuduhan tersebut. (as)

tags: , , ,

Related For Kuasa Hukum H Akui Kliennya Bagi-Bagi Uang