wisata-kaltara

Kunjungi Krayan, OASE KK Bawa Program Kampung Sejahtera

Monday, October 22nd 2018. | Advertorial, Kaltara

KEPEDULIAN : Anggota OASE KK Bintang Puspayoga (berbaju hitam) didampingi Hj Rita Ratina Irianto Lambrie mengunjungi stand UMKM binaan PKK Desa Buduk, Kinangan, Kamis (18/10).

KRAYAN, MK – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) Hj Rita Ratina Irianto, menyambut kedatangan anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE KK) Bintang Puspayoga, dalam rangka kunjungan kerja ke daerah perbatasan, pada Kamis (18/10) lalu di Bandara Internasional Juwata, Tarakan.

Rombongan kemudian melanjutkan perjalanan menuju Long Bawan, Krayan, Kabupaten Nunukan menggunakan pesawat CASA 212 series 200 dari TNI AU.

Hj Rita menjelaskan, dalam kunjungan kerja selama dua hari tersebut, tepatnya menyisir daerah Long Bawan dan Long Midang, Krayan, Bintang Puspayoga membawa serta beberapa pejabat Kementerian Koperasi dan UKM. “Anggota rombongan antara lain Asisten Deputi (Asdep) Pengembangan Peran Serta Masyarakat Kemenkop dan UKM Haryanto, Asdep Permodalan Luhur Pradjarto dan Asdep Organisasi Badan Hukum Koperasi Retno Endang Prihantini. Sedangkan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara, ada Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi (Disperindagkop) dan UMKM Hartono,” jelasnya.

Lebih lanjut Rita menyampaikan, kunjungan kerja anggota OASE KK tersebut merupakan sinergi program Kementerian Koperasi dan UKM dengan OASE KK yang digagas melalui program Kampung Sejahtera. “Ibu Bintang hadir disini untuk memastikan langsung apa saja yang diperlukan masyarakat perbatasan, agar ketika bantuan melalui program Kampung Sejahtera diberikan secara tepat sasaran,” urainya.

“Tentunya kehadirannya merepresentasikan kepedulian pusat terhadap daerah perbatasan, seperti yang menjadi program OASE KK tahun ini, dimana Krayan menjadi salah satu daerah yang sedang difokuskan,” lanjut Hj Rita.

Kampung Sejahtera sendiri adalah program yang fokus pada desa-desa yang masih tertinggal dan sangat minim infrastruktur, bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mengurangi angka kemiskinan.

Hj Rita mendampingi rombongan mengunjungi sejumlah lokasi. Antara lain pelatihan membatik, tata boga, kerajinan rotan dan koperasi yang digagas oleh Kementerian Koperasi dan UKM yang dilaksanakan di Long Bawan, pusat kerajinan, titik perbatasan Indonesia-Malaysia di Long Midang, pusat pembuatan garam gunung di Long Midang serta meresmikan Pasar Rakyat di Long Kiwan. “Kita senang karena masyarakat Krayan sangat antusias dan semangat mengikuti pelatihan-pelatihan yang ada. Tentu saja itu menjadi nilai positif untuk anggota OASE KK. Dan kita berharap, setelah ibu Bintang menyaksikan langsung situasi di daerah perbatasan kita ini, program Kampung Sejahtera dapat segera ditindak lanjuti dan masyarakat dapat menikmati manfaatnya,”

tags: , ,

Related For Kunjungi Krayan, OASE KK Bawa Program Kampung Sejahtera