wisata-kaltara

Lantamal XIII Tarakan Minim Personil

Monday, December 5th 2016. | Headline, Tarakan, Uncategorized
img_0764

Perayaan Dirgahayu Armada di Mako Lantamal XIII Tarakan  Jalan Yos Sudarso

Tarakan, MK – Memperingati Hari Armada yang jatuh pada 5 Desember 2016, Lantamal XIII Tarakan  terus berbenah sebagai upaya dalam menjaga wilayah Perbatasan Kalimantan Utara. Khususnya Sumber Daya Manusia (SDM) yang saat ini masih minim sehingga harus dilakukan pembinaan setiap hari.

Disampaikan Komandan Lantamal XIII Tarakan Laksamana Pertama TNI Ferial Fachroni bahwa ketika berbicara tentang Armada minimal ada empat komponen yang harus dilaksanakan yakni Persenjataan, Pesawat, Marinir dan Pangkalan.

“Armada itu tidak bisa berdiri sendiri, komponennya apa, satuannya apa itu jelas yakni kapal kemudian  pesawat udara karena konsep operasi kita selalu demikan. Kemudian pasukan mariner, kita mengenal juga ada beberapa operasi seperti operasi amfibi itu proyeksi kekuatan dari laut kedarat dan yang terahir adalah pangkalan” ujarnya kepada Metro Kaltara, Senin (05/12)

Lebih lanjut ia menjelaskan dalam melaksanakan satuan operasional dimanapun, itu tidak akan bisa berjalan dalam waktu yang demikian lama tanpa ada dukungan pangkalan seperti Lantamal dan Lanal-Lanal lainnya yang tugas pokoknya memang mendukung satuan operasional. Dan yang tak kalah pentingnya adalah Sumber Daya Manusia.

“Tentunya yang sangat menetukan dalam organiasi adalah Sumber Daya Manusia (SDM,) apapun bentuk organisasi manakala SDM tidak mampu untuk mengawasi, dia tidak paham  apa yang harus dia kerjakan, kasihan semuanya. Oleh sebab itu pembinaan personil terus dilakukan setiap hari, jumlah personil saat ini hanya sekitar 300 sedangkan personil yang dibutuhkan untuk se-Kelas Lantamal minimal 600 personil” tuturnya

Ia menambahkan khusus untuk Tarakan, Lantamal XIII tidak mampu bekerja sendiri dalam menjaga kemanan wilayah perbatasan untuk itu butuh singkronisasi, sinergitas antara istansi baik pemerintah non pemerintah termasuk masyarakat.

“Kita harus saling bahu-membahu utamanya pimpinan TNI bagaimana agar dekat dengan masyarakat. TNI itu lahir dari rakyat, bersama rakyat, dan untuk rakyat” tambahnya (ars)

tags: ,

Related For Lantamal XIII Tarakan Minim Personil