Gambar-Gif

Latgab TNI AU dan TUDB Brunei di Tarakan

Wednesday, October 29th 2014. | Headline, Kaltara, Tarakan
- wisata-kaltara -

Brunesia-VITarakan, Metrokaltara.com – Guna meningkatkan mutu dan cara droping logistik ke daaerah yang tidak terjangkau oleh jalur darat dan air, Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI-AU) dan Tentara Udara Diraja Brunei  (TUDB) mengelar latihan bersama yang bertajuk Brunesia VI tahun 2014 di Kota Tarakan.

Rabu 29/10, Pesawat CN 235 milik TNI AU Indonesia dan Brunai   menerjunkan bahan  logistik bantuan kemanusian ke lokasi  musibah bencana alam, bahan logistik di turunkan tepat diatas landasan parkir pesawat Makolanud Tarakan berupa obat-obatan dan makanan.

Penerjunan bantuan ini  adalah  simulasi latihan antara  Tentara Nasioanl Indonesia Angkatan Udara (TNI-AU) Indonesia dan Tentara Udara Diraja Brunei (TUDB) di Markas Komando TNI Angkatan Udara Tarakan.

Latihan bersama yang bertajuk Brunesia VI tahun 2014, menggelar  latihan Operasi Meliter Selain Perang (OMSP) dengan tujuan untuk  meningkatkan mutu teknik droping logistik pasukan saat memberikan bantuan ke  daerah yang terdampak bencana yang sulit dijangkau melalui darat dan air.

Latihan bersama ini melibatkan 165 personil,  terdiri dari 30 orang dari  personil Mabes TNI AU atau  Skuadrond 2 Halim Perdanakusuma, 35 orang dari Tentara Udara Diraja Brunei Darusalam ditambah personil dari TNI AU Tarakan.

Danlanud Tarakan, Letkol (P) Tiopan Hutapea menjelaskan Latihan Bersama (Latma) yang digelar bersama di kawasan Asia Pasifik dan Eropa termasuk salah satu satunya dengan Brunesia yang dilaksanakan setiap tahun.

“Ini adalah latihan bersama dengan Brunei yang ke VI tahun 2014 drngan melakukan sistim droping logistik, latihan ini memperaktekan cara droping bahan makanan, setelah sampai dibawah bahan makan masih dapat di gunakan”. ungkap Tiopan.

Tiopna menjelaskan, dengan digelarnya Brunesia VI ini diharapkan dapat meningkatkan mutu keselamatan penerbanagan saat melaksanakan tugas, meningkatkan mutu cara droping logistik serta meningkatkan hubungan baik atau bilateral kedua negara khususnya TNI AU dan TUDB.

 .

Reporter: Mulyadi Abdillah

Editor: Muhammad Reza R.

tags: ,

Related For Latgab TNI AU dan TUDB Brunei di Tarakan