wisata-kaltara

Lembaga Adat Dayak Kenya Tampilkan Upacara Adat Mamat

Saturday, October 20th 2018. | Headline, Malinau

Malinau, MK – Kemeriahan IRAU terus bergulir dengan berbagai tampilan upacara adat dan budaya yang dimiliki seluruh lembaga adat di Kabupaten Malinau. Sabtu (20/10) giliran Lembaga Adat Dayak Kenya yang menampilkan upacara adat Mamat.

Upacara adat Mamat merupakan upacara yang dilakukan untuk memohon keselamatan dan kesejaheraan masyarakat. Upacara ini dilakukan sekali dalam setahun tepatnya setelah masa panen dengan durasi upacara 1-6 hari.

Ketua Lembaga Adat Dayak Kenya Kabupaten Malinau Drs. Emang Mering, M.Si dalam sambutannya mengungkapkan bahwa Suku Dayak Kenyah di Kabupaten Malinau terdiri atas 13 Sub suku.

“13 Sub Suku Dayak Kenya diantaranya adalah Lepo Tau, Lepo Kulit, Uma Lung, Uma Lasan, Lepo Jalan, Bakung Lepo Ke, Lepo Tepu, Lepo Maut, Lepo Tukung, Lepo Timai. Masing-masing memiliki keanekaragaman budaya yang banyak memiliki kesamaan” ungkap Emang Mering.

Drs. Emang Mering juga mengucapkan terima kasih kepada Pemda Malinau yang telah menetapkan 3 Desa wisata di mana masyarakat Kenya berdomisili di dalamnya.

Selain menggelar upacara Adat Mamat, Warga Kenya juga melakukan pagelaran musik sampe yang dimainkan oleh lebih dari 1000 orang dan mampu meraih rekor MURI. (Aan/Diskominfo)

tags: ,

Related For Lembaga Adat Dayak Kenya Tampilkan Upacara Adat Mamat