wisata-kaltara

Lewat Filipina, Delapan Warga Kaltara Gagal Naik Haji

Tuesday, September 6th 2016. | Headline, Kaltara, Nunukan
Sejumlah warga Kaltara yang gagal naik haji dari Filipina kala di jemput di Bandara Juwata Tarakan.

Sejumlah warga Kaltara yang gagal naik haji dari Filipina kala di jemput di Bandara Juwata Tarakan.

Tarakan, MK – Terbatasnya kouta jamaah haji untuk Indonesia membuat sebagian masyarakat mengambil jalan lain demi melaksanakan rukun Islam kelima tersebut. Hal itulah yang dialami oleh Muhammad Ariska (60) warga Desa Panca, Kecamatan Sebatik Utara yang memilih naik haji melalui Filipina. Namun  bukannya berangkat, ia dan tujuh temannya justru tak jadi ke tanah suci.

Bahkan, uang pendaftaran sekitar Rp 70 juta setiap orangnya raib atau belum dikembalikan oleh pihak travel di Filipina. “Dari Nunukan ke Tawau pakai paspor, kemudian ke Keke (Malaysia) terus ke Manila (Filipina). Kami rombongan ada 11 orang dan 8 orang dari Kaltara. Kita ada pengurus disana orang Manila. Jadi pas mau berangkat ke tanah suci tidak jadi, kalau saya tau begitu tidak kesana saya,” ujarnya kepada Metro Kaltara, Selasa (06/09).

Ia mengaku awalnya diajak temannya Samsul Alam yang juga warga Sebatik. Samsul Alam dua tahun lalu berhasil naik haji melalui Filipina sehingga ia pun tertarik.

“Yang ngajak itu Haji Samsul Alam warga Sebatik juga, karena dia  naik haji dari Filipina. Sebenarnya kami memang salah tapi namanya mau menunaikan ibadah haji, impian yang sudah lama, ya apa salahnya. Uang pendaftarannya itu sekitar Rp 70 juta, uang tersebut hasil dari penjualan tanah,” bebernya.

“Perasaannya kecewalah tapi sebagai obat kecewa saya berharap agar pemerintah memproritaskan kami tahun depan untuk berangkat haji. Kemudian untuk kami yang belum kembali uangnya sangat berharap agar pemerintah melakukan cara bagaimana supaya uang kami itu bisa kembali,” harapnya.

Sementara itu Pemprov Kaltara melalui  Koordinator Perwakilan Kaltara di Tarakan Irawan menjamin 8 orang tersebut tetap dalam pengawasannya mulai dari Bandara Soekarno Hatta hingga mereka sampai tujuan masing-masing. “Mulai dari Bandara Soekarno Hatta sampai ke SDF, kami memastikan mereka sampai di tujuan hingga bertemu dengan sanak saudaranya,” tuturnya. (aras/MK*1)

tags: ,

Related For Lewat Filipina, Delapan Warga Kaltara Gagal Naik Haji