LKP2D Desa Tanjung Lapang Wujud Gerdema

Jumat, Februari 8th 2019. | Malinau

MALINAU, MK – Pjs Sekretaris Daerah (Sekda) Malinau Drs. Tan Irang, M. Ap. mengapresiasi terlaksananya rapat paripurna Badan Pemusyarawatan Desa terkait laporan keterangan pertanggungjawaban Penyelenggaraan Pemerintah Desa (LKP2D) oleh Pemerintah Desa Tanjung Lapang, Kecamatan Malinau Barat.

Tan Irang mengungkapkan, paripurna anggota BPD dan pelaksanaan laporan penyelenggaraan pemerintah desa oleh Kepala Desa Tanjung lapang merupakan kebijakan inovatif yang patut mendapat apresiasi. Pasalnya, dalam rapat paripurna BPD maupun kepala desa sama-sama menyampaikan laporan pertanggung jawaban mereka dihadapan masyarakat Desa Tanjung Lapang.

“Karena itu, saya mewakili Pemerintah Daerah menyampaikan apresiasi kepada Kepala Desa Tanjung Lapang dan BPD, karena telah terlaksananya penyampaian laporan pertanggung jawaban APBDes hari ini,” ungkapnya saat ditemui usai menghadiri Rapat Paripurna desa di Balai Pertemuan Umum Desa Tanjung Lapang, Kamis (7/2).

Sebagaimana diketahui, kata dia, apa yang telah menjadi visi dan misi pemerintah daerah yakni gerakan desa membangun (Gerdema) sudah tergambarkan dalam penyampaian laporan pertanggungjawaban oleh pemerintahan desa.

“Karena penggunaan dana desa baik dari pusat dan daerah sudah betul-betul menyentuh ke masyarakat desa. Mulai dari pembangunan infrastruktur, perekonomian masyarakat dan peningkatan SDM,” ungkapnya.

Lebih lanjut pria yang baru ditunjuk sebagai Pjs Sekda Malinau mengatakan, perlu diketahui dengan adanya Gerdema saat ini masing-masing OPD hanya dapat mengelola ratusan juta saja. Karena, anggaran yang ada itu diserahkan ke pemerintahan desa.

“Jadi dulu kita mengelola miliaran rupiah. Tapi sekarang hanya memiliki anggaran kisaran Rp 500 juta saja, itu di OPD BKPP. Jadi kewenangan pemerintah daerah itu memberikan kepercayaan setiap desa untuk mengelola dana desa baik bersumber APBN maupun APBD,” ungkapnya.

Selain itu, apa yang menjadi catatan dari BPD Desa Tanjung Lapang, diakuinya, sangat positif untuk mendorong kinerja dari pemerintahan desa ini.

“Jadi evaluasi yang disampaikan BPD Tanjung Lapang ini dari beberapa rekomendasi itu sebenarnya positif. Tujuannya agar pemerintah desa dapat melaksanakan program yang akan datang khususnya di tahun ini,” terangnya.

Dia berharap juga kepada desa-desa lainnya yang ada di Kabupaten Malinau untuk dapat segera melaporkan pertanggung jawabannya pada tahun 2018.

“Jadi kami berharap desa-desa lain bisa menyampaikan pertanggung jawabannya seperti Desa Tanjung Lapang yang terlihat sudah bagus dan kegiatan pun terlaksana dengan baik di desa,” pungkasnya. (Hms).

tags: ,

Related For LKP2D Desa Tanjung Lapang Wujud Gerdema