Lomba Asah Terampil untuk menyemangati Para Petani

Thursday, December 13th 2018. | Ekonomi & Bisnis, Nunukan

Nunukan, MK – Bupati Nunukan Hj Asmin Laura Hafid selaku Ketua DPD HKTI Kabupaten Nunukan membuka acara Lomba Asah Terampil Kelompok Tani Tingkat Kabupaten Nunukan yang di selenggarakan oleh Himpunan Kerukunan Tani Indonesia, di Kelurahan Mansapa Kecamatan Nunukan Selatan, Rabu (13/12).

Acara ini mengambil tema “Ajang kompetisi sebagai Sarana Membangun Pribadi yang Jujur, Kreatif, dan Terampil,” yang di awali dengan penampilan “Mappadendang”. Mappadendang itu sendiri merupakan sebuah tarian adat Sulawesi Selatan dimana di laksanakan apabila ada perayaan Pesta Panen.

Lomba asah terampil ini di bagi 19 Kelompok terdiri dari 3 orang dari 7 Kecamatan yang ada di Kabupaten Nunukan, Pelaksanaan perlombaan ini adalah untuk memacu dan memotivasi petani di kelompok tani dalam kegiatan usaha tani yang sesuai dengan rekomendasi serta dapat mengembangkan fungsi kelembagaan kelompok tani atau Gapoktan yang ada di Kabupaten Nunukan.

Dengan adanya kelompok tani, para petani dapat memecahkan permasalahan bersama sama, seperti pemenuhan sarana dan prasarana produksi pertanian, teknis produksi dan juga mengenai pemasaran hasil pertaniannya.

Dalam sambutannya, Bupati Laura mengatakan saat ini salah satu bentuk peningkatan sumber daya petani ialah dengan melalui kegiatan lba asah terampil yang di laksanakan, karena dengan acara ini secara tidak berangsur dapat meningkatkan kemampuan, wawasan dan keterampilan para petani kita, kata Bupati.

” Petani sekarang harus siap menghadapi tantangan teknologi dan informasi yang begitu masif. Bagaimana teknik pemasarannya, sehingga para petani di tuntut untuk dapat meningkatkan pengetahuan nya, ya salah satunya dengan mengikuti lomba asah terampil kelompok tani ini,” Ungkap Laura.

sebelum menutup sambutannya, Laura sapaan akrabnya, berharap kepada pengurus HKTI Kabupaten Nunukan untuk terus memberikan motivasi yang tinggi kepada seluruh kelompok tani yang ada di seluruh wilayah Kabupaten Nunukan, untuk terus meningkatkan kemandirian, gotong royong semangat membangun dan kerja keras demi tercapainya kesejahteraan para petani yang ada di Nunukan. Tutupnya (Ilo/Pro)

tags: ,

Related For Lomba Asah Terampil untuk menyemangati Para Petani