wisata-kaltara
Gambar-Gif

LPMP Hadir Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di Kaltara

Tuesday, August 14th 2018. | Headline, Tanjung Selor

ist

TANJUNG SELOR, MK – Guna meningkatkan kualitas tenaga pendidik ‘Guru’, sebuah lembaga yang berada di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI hadir ditengah krisis mutu pendidikan di Indonesia.

Adalah Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) yang berperan dalam mengembangkan dan meningkatkan mutu pendidikan. Kini di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) sendiri, lembaga tersebut juga hadir mewarnai dunia kependidikan bahkan telah melakukan berbagai kegiatan maupun program pada sejumlah sekolah yang tersebar di lima kabupaten/ kota di Kaltara.

“Kegiatannya cenderung ke internal aja, kalau yang eksternal otomatis kita harus kerja sama dengan dinas provinsi dan dinas kabupaten kalau sekarang kan kita kan banyak kegiatan, dengan SDM (Sumber Daya Manusia) yang tidak memadai,” ujar Emi selaku Kepala Sub Bagian LPMP Kaltara kepada Metro Kaltara, Senin (13/8)

Emi menuturkan karena masih minimnya SDM maka fokus saat ini adalah kegiatan Apel khususnya dalam menyambut HUT RI ke-73. Sedangkan untuk program kegiatan yang dilaksanakan, itu langsung dari pusat mengingat LPMP merupakan lembaga yang berada dibawah naungan Kemendikbud RI.

“Program itu adalah pemetaan mutu pendidikan, itu ada aplikasi masuk di web, kita memetakan mutu setiap sekolah lima kabupaten/kota di Kaltara. Nanti setelah itu kita punya program sekolah model, sekolah model ini berkaitan dengan sistem penjaminan mutu,” tuturnya.

Ia menjelaskan dengan program tersebut, nantinya LPMP mengajarkan bagaimana penjaminan mutu pendidikan didalam satuan pendidikan. Kemudian melakukan pendampingan kurikulum yang merupakan tugas dari Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK).

“Nah kita mengawal kegiatan mereka, pemetaan harus seluruh sekolah, satuan pendidikan, kalau di Kaltara jumlahnya 1200 berarti 1200-nya harus terpetakan. Nanti dari sana baru kita bisa melihat di sekolah ini apa yang diperkuat, apa yang harus diperbaiki. Rata-rata 2017 kemarin hasil peta mutunya sarpras (sarana dan prasarana) kemudian GTK, tergantung kualifikasi gurunya seperti apa, tapi itu semua berkaitan dengan provinsi, dinas kabupaten,” jelasnya.

Saat ditanya tentang kualitas guru di Kaltara? Ia mengaku cukup bagus meskipun terdapat beberapa guru yang masih di bawah standar. Apalagi saat ini standar kualifikasi guru ada kenaikan, salah satunya adalah akta mengajar (Akta IV).

“Kalau kualitas kita selalu berbicara berdasarkan data, hasil dari teman-teman sendiri melakukan evaluasi guru memang ada beberapa hal, untuk kualitas memang ada dibawahnya mereka. Bukan berarti tidak bisa mengajar tapi juga mereka juga ada kualifikasinya. Itu kan standar guru mulai dinaikkan, bukan hanya SMP, Sekolah Guru Olahraga (SGO) tapi mintanya sarjana dengan kualifikasinya ada yang namanya akta mengajar,” tutupnya. (ars)

tags: , ,

Related For LPMP Hadir Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di Kaltara