Gambar-Gif

MAF Tak Terbang 2 Bulan, 4 Warga Krayan Meninggal Dunia

Friday, January 8th 2016. | Ekonomi & Bisnis, Headline, Kaltara, Tarakan
- wisata-kaltara -
Kepala Kantor MAF Cabang Tarakan Tom Crisley. (aras)

Kepala Kantor MAF Cabang Tarakan Tom Crisley. (aras)

Tarakan, MK – Selama dua bulan pesawat Mission Aviation Fellowship (MAF) tak melayani penerbangan di sejumlah daerah terisolir di Provinsi Kaltara. Akibatnya, sebanyak empat warga Kecamatan Krayan, Kabupaten Nunukan yang membutuhkan pertolongan untuk diterbangkan ke rumah sakit di perkotaan meninggal dunia.

Kepala Kantor MAF Cabang Tarakan Tom Crisley kepada Metro Kaltara mengaku tidak beroperasinya pesawat MAF dikarenakan mabes TNI AU belum mengeluarkan izin penerbangannya.

“Kami sangat menyesalkan dengan kejadian itu, memang ada permohonan yang masuk ke kami dari warga Krayan. Tapi yang menjadi kendala kami adalah belum ada perpanjangan perizinan penerbangan oleh mabes TNI AU di Jakarta,” ujarnya, Jumat (08/01).

“11 November 2015 itu merupakan izin terakhir. Jadi setiap minggu izin dari mabes TNI AU diperbaharui, 12 November kami tidak terbang lagi sampai sekarang. Jadi terpaksa kami tidak melayani itu,” imbuhnya.

Ia menuturkan alasan tidak diperpanjangnya izin MAF dari mabes TNI AU lantaran dinilai menyalahi izin operasional. “Tapi sebenarnya kami tak ada masalah dengan perhubungan. Kalaupun ada masalah harusnya perhubungan yang menghentikan operasional kami,” tuturnya.

Lanjut Tom, izin operasional dari perhubungan ada dan pihaknya sudah mengurus ke TNI AU. Bahkan MAF juga sudah berkomunikasi dengan Menetri Perhubungan RI Iganasius Jonan. “Sudah ada dukungan dari beliau silahkan MAF jalan terus walaupun belum ada hitam diatas putih,” akunya.

Meskipun demikian, petinggi di mabes TNI AU sebenarnya sudah menginformasikan melalui via SMS bahwa akan memproses perizinannya. “Tapi sampai sekarang belum ada,” singkatnya.

Adapun izin untuk AU berupa security clearance untuk penerbangan dan personal pilot. “Artinya, ada 5 pesawat di Kaltara dan 10 pilot asing yang asing harus diurus,” sebutnya.

Selama ini MAF melayani rute penerbangan ke tempat-tempat seperti Krayan dan Apokayan. Tujuannya yaitu menangani hal-hal darurat dan semata-mata membantu masyarakat. “Izin tidak diperpanjang lagi otomatis kami tidak mau melanggar dan berusaha taat pada peraturan,” ucap Tom. (aras/sti)

tags: , , , , , , ,

Related For MAF Tak Terbang 2 Bulan, 4 Warga Krayan Meninggal Dunia