wisata-kaltara

Maksimalkan SKD, Kaltara Dapat Bantuan 100 Unit Komputer

Saturday, October 20th 2018. | Advertorial, Kaltara

TANJUNG SELOR – Guna memaksimalkan pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) pada seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara, Badan Kepegawaian Negara (BKN) akan memberikan bantuan 100 unit komputer. Informasi ini disampaikan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kaltara, Muhammad Ishak, Kamis (18/10). “Kita belum tahu, bantuan itu berupa laptop atau PC kami menunggu kepastian dari BKN,” tutur Ishak. Hingga saat ini, jelasnya, komputer yang siap untuk digunakan SKD dengan menggunakan sistem Computer Assissted Test (CAT) sebanyak 100 unit dan berada di Laboratorium CAT di Jalan Durian, Tanjung Selor.

Ishak mengatakan, rencananya 100 unit komputer bantuan dari BKN akan didistribusikan ke gedung Badan Kepegawaian Pengelolaan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Bulungan. Sehingga pelaksanaan tes akan dilaksanakan di dua tempat yang berbeda.

Untuk tempatnya, lanjut Ishak, kedua titik itu sudah dinyatakan siap. Pasalnya BKD Kaltara sudah melakukan konfirmasi dengan pengelola serta meninjau langsung tempatnya. Tidak hanya itu, tim dari BKN juga akan melakukan peninjauan di kedua tempat pelaksanaan tes itu nanti. “Soal penggunaan komputer untuk CAT nantinya, kami melihat dulu apakah akan dipakai sepenuhnya atau kalau memang perlu cadangan akan disiapkan 5 unit. Sedangkan untuk pengawasnya itu dari Kantor Regional (Kanreg) BKN Banjarmasin. Kemudian kalau untuk soal atau teknis itu dari BKN, karena Kaltara hanya menyiapkan pelaksanaannya saja seperti merekrut peserta, memverifikasi ulang serta tempat pelaksanaan,” bebernya.

Hingga kini, pihaknya terus melakukan koordinasi kepada BKN untuk memastikan waktu datangnya bantuan 100 unit peralatan CAT itu, untuk menghindari dampak perubahan jadwal yang sudah ditentukan. “Saya berharap pelaksanannya nanti sesuai dengan jadwal yang ditentukan,” kata Ishak.

Ishak mengungkapkan, SKD yang rencananya dilaksanakan pada 26 Oktober hingga 17 November 2018 itu modelnya hampir sama dengan tahun lalu. BKD akan mengupayakan dalam sehari akan digunakan 5 sesi menyesuaikan dengan jumlah unit komputer pada tiap sesinya. “Untuk teknis pelaksanaan CAT secara gambaran modelnya tetap seperti tahun lalu. Kalau waktu sesi akan kami upayakan sehari 5 sesi kecuali hari Jumat itu dilaksanakan 4 sesi dengan menyesuaikan jumlah unit yang ada tiap per sesinya, kalau waktu per sesi rerata 1 jam setengah,” urai Ishak.

Namun jika pelaksanaan CAT hanya menggunakan 1 tempat saja, seleksi CPNS akan mendahulukan Pemprov Kaltara terlebih dahulu. Hal ini melihat jumlah peserta yang mengikuti seleksi penerimaan CPNS. Kemudian menyusul Kabupaten Bulungan, Malinau dan Kabupaten Tana Tidung (KTT). “Kita berharap pada saat survei dari pusat, BKN dapat menyetujui pelaksanaan tesnya menggunakan dua tempat itu. Ini untuk efisiensi waktu dan tempat sehingga waktu pelaksanaannya dapat selesai bersamaan karena kalau melihat jumlah formasi pada tiga Kabupaten ini hampir sama dengan jumlah Provinsi,” tuntasnya.(humas)

Jumlah Pelamar CPNS Kaltara 2018 (update 18 Oktober 2018)

– Formasi Teknis                              : 1.863 Orang

– Formasi Kesehatan                       : 784 Orang

– Formasi Guru                                 : 2.026 Orang

– Berkas yang Sudah Diserahkan            : 4.673 Orang

– Berkas Yang Belum Diserahkan            : 812 Orang

Total Pendaftar                                 : 5.485 Orang

Sumber : BKD Kaltara, 208

Related For Maksimalkan SKD, Kaltara Dapat Bantuan 100 Unit Komputer