Malinau Miliki Embung Geomembran Pertama di Kaltara

Jumat, Desember 22nd 2017. | Headline, Malinau

Malinau, MK- Malinau menjadi satu-satunya daerah di Kalimantan Utara yang memiliki Embung Geomembran yang dibangun oleh MCAI di Desa Tanjung Lapang Kecamatan Malinau Barat. Luas sawah sekitar embung 7 hektar. Embung dengan luas 1 hektar dengan daya tampung hingga 8.000 meter kubik air ini diresmikan oleh Bupati Malinau Dr. Yansen TP, M.Si (Rabu, 20/12) dan dihadiri oleh Direktur Irigasi Kementerian Pertanian Ir. Tunggul Panudju, M.Sc, Direktur MCAI Dr. Tri Nugroho, Direktur Kehati Dr. Asep Suntana dan Direktur Inprosula Dr. Petrus, kepala OPD dan para petani.

Ketua panitia peresmian Embung Geomembran Drs. Pangeran S Ukung menyebutkan, keberadaan Embung Geomembran merupakan upaya nyata untuk mendukung program Rasda. Sementara itu, Direktur Irigasi Pertanian Kementerian Pertanian Ir. Tunggul menegaskan bahwa perlu aturan main dalam pengelolaan embung oleh masyarakat.

“Perlu ada aturan main yang jelas dengan pengelolaan oleh masyarakat dan jangan dikelola swasta agar tidak komersil” ungkap Tunggul.

Dirinya juga mengusulkan agar dibuat peraturan daerah terkait pengelolaan air dalam embung. Tunggul berharap MCAI dapat menunjukkan komitmennya untuk membangun 15 embung lagi di Malinau.

hal yang sama juga di ungkapkan, Direktur Inprosula, Dr. Petrus menjelaskan berbagai kegiatan yang dilakukan Inprosula antara lain mencetak kader pemandu di tingkat kelompok tani maupun desa. “Selain mencetak kader pemandu yang tersebar pada 8 desa, kami juga telah berhasil memproduksi benih lokal dan membina petani dengan total areal pertanian 483 hektar yang tersebar di 8 desa” ungkap Petrus.

Pada bagian yang sama Direktur Millenium Chalange Account Indonesia (MCAI) Dr. Tri Nugroho, menggaris bawahi progam pencanangan kedaulatan pangan khususnya di perbatasan. “Dengan adanya pencanangan kedaulatan pangan di perbatasan maka lokasi embung ini bisa menjadi simbol kemandirian pangan di Malinau.

Tri menyebut bahwa pada 2 April 2018 mendatang Program MCAI akan berakhir dan sampai saat ini belum ada rencana program lanjutan. Tri menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemda dan masyarakat Malinau karena telah banyak membantu dan mengajarkan berbagai hal khususnya belajar ketahanan dan kedaulatan pangan.

Dr. Yansen TP, M.Si dalam kesempatan memandu jalannya talk show juga menyampaikan berbagai program daerah khususnya bidang pertanian yang telah dilaksanakan.
Bupati Malinau ini juga berharap di daerahnya dapat dibentuk balai benih padi dalam rangka mendukung program pertanian.(Diskominfo/MK)

tags: ,

Related For Malinau Miliki Embung Geomembran Pertama di Kaltara