Masyarakat Tak Perlu Lapor PLN untuk Dapatkan Kompensasi

Kamis, Agustus 8th 2019. | Headline, Nasional

Jakarta: PT PLN (Persero) menegaskan kompensasi yang diberikan kepada pelanggan akibat mati listrik pada Minggu, 4 Agustus 2019 tanpa melalui birokrasi.

Direktur Regional Bagian Jawa Barat Haryanto WS (kiri).

Direktur Regional Bagian Jawa Barat Haryanto WS menjelaskan tanpa birokrasi yang dimaksud yaitu pelanggan tidak perlu melapor kepada PLN supaya mendapatkan kompensasi.

“Kompensasi disalurkan sesuai sistem tidak ada birokrasi pelanggan harus mengadu,” kata Haryanto saat ditemui di PLTD Senayan, Jakarta, Kamis, 8 Agustus 2019.

Haryanto mengatakan seperti pada penjelasan sebelumnya kompensasi yang akan diberikan PLN pada pelanggan terdampak pemadaman sebesar 35 persen dari biaya beban atau rekening minimum untuk konsumen golongan tarif penyesuaian (adjustment).

Sementara untuk golongan tarif non-adjustment sebesar 20 persen dari biaya beban atau rekening minimum. Sedangkan untuk pelanggan prabayar, kompensasi disetarakan dengan pengurangan tagihan pada golongan tarif adjustment.

“(Kompensasi) Akan dibayar bulan depan dari potongan tagihan, untuk prabayar dilakukan saat isi token,” jelas Haryanto.

Di tempat yang sama, General Manager PLN Distribusi Jakarta Raya (Disjaya) Ikhsan Asaad menambahkan untuk pihak-pihak yang merasa dirugikan akibat pemadaman listrik PLN akan menggantinya dengan kompensasi sesuai dengan Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Nomor 27 Tahun 2017 tentang tingkat mutu pelayanan dan biaya terkait dengan penyaluran tenaga listrik oleh PLN.

“Itu sudah disampaikan ke pihak Kementerian Perindustrian itu diinformasikan ke pelanggan PLN. Perlakuannya sesuai ketentuan sama, namun untuk pelanggan tarif premium kita punya kontrak sendiri sifatnya business to business,” kata Ikhsan.

Begitu juga dengan kerugian yang ditaksir oleh Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta. Iksan menambahkan dirinya telah bertemu dengan Direktur Utama MRT Jakarta William Sabandar dan berencana bertemu kembali dengan tim MRT Jakarta untuk menghitung kompensasi yang akan diberikan.

“Kalau MRT sudah jadi pelangan premium. Kita bayar kompensasi sesuai kontrak 20 persen dari biaya beban,” ucap Ikhsan. (medcom)

tags: ,

Related For Masyarakat Tak Perlu Lapor PLN untuk Dapatkan Kompensasi